HUBUNGAN ANTARA BIMBINGAN KELUARGA DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA SISWA KELAS VIII SMP N 1 IMOGIRI BANTUL YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2014/2015

AGIT TYASTAMA PRAJA, 10144200205 (2015) HUBUNGAN ANTARA BIMBINGAN KELUARGA DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA SISWA KELAS VIII SMP N 1 IMOGIRI BANTUL YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2014/2015. Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Artikel Agit Tyastama Praja.pdf

Download (49kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara layanan bimbingan keluarga dengan prestasi belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Imogiri Bantul Tahun Pelajaran 2014/2015. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Imogiri Bantul Tahun Pelajaran 2014/2015 sebesar 148 siswa. Sampel dalam penelitian ini sebesar 60 siswa dengan menggunakan teknik quota random sampling. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket. Teknik analisa data dengan menggunakan analisis korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan yang positif dan signifikan antara layanan bimbingan keluarga dengan prestasi belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Imogiri Bantul Tahun Pelajaran 2014/2015 dengan mengetahui harga rhitung sebesar 0,466 lebih besar dari rtabel 0,254 pada taraf signifikansi 5%. Dengan demikian semakin baik pemberian layanan bimbingan keluarga yang diterima siswa maka semakin tinggi pula prestasi belajar siswa, sebaliknya semakin kurang pemberian layanan bimbingan belajar terhadap siswa maka semakin rendah pula prestasi belajar siswa. Implikasi dari penelitian ini adalah bahwa adanya hubungan yang signifikan antara layanan bimbingan keluarga dengan prestasi belajar siswa dengan memberikan perhatian, motivasi, bimbingan dan peran dari berbagai pihak baik di sekolah maupun di rumah sangat diperlukan dalam meningkatkan kepribadian siswa yang baik melalui pemberian layanan bimbingan keluarga yang efektif sehingga prestasi belajar siswa semakin meningkat.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: layanan bimbingan keluarga, prestasi belajar
Subjects: Psikologi > Kecerdasan intelektual dan mental
Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Pendidikan/ Pengajaran: hubungan guru dengan siswa, manajemen kelas
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: FITRI RIANI
Date Deposited: 30 Jan 2016 01:59
Last Modified: 30 Jan 2016 01:59
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/282

Actions (login required)

View Item View Item