UPAYA GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI BIBIS BANGUNJIWO KASIHAN BANTUL

Unggul Budiyanto, 11144600098 (2015) UPAYA GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI BIBIS BANGUNJIWO KASIHAN BANTUL. Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Artikel Unggul (11144600098).pdf

Download (193kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) upaya guru mengatasi kesulitan belajar pendidikan kewarganegaraan, (2) untuk mengetahui faktor-faktor penyebab kesulitan belajar pendidikan kewarganegaraan (3) untuk mengetahui strategi yang digunakan guru dalam mengatasi kesulitan belajar pada siswa kelas IV SD Negeri Bibis Bangunjiwo Kasihan Bantul. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru dan kepala sekolah SD Negeri Bibis Bangunjiwo Kasihan Bantul. Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah Reduksi Data atau Penyederhanaan Data, Penyajian Data, Penarikan Kesimpulan atau verifikasi. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi teknik yaitu menggunakan tiga teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber yaitu dengan menggunakan sumber data yang beragam seperti sumber data yang berasal dari kepala sekolah dan dua guru. Berdasarkan hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar pendidikan kewarganegaraan yaitu memberikan pengajaran perbaikan (remidial) memberikan kegiatan pengayaan memberikan motivasi belajar, mengembangkan sikap dan kebiasaan belajar yang baik; faktor-faktor penyebab kesulitan belajar pendidikan kewarganegaraan yaitu faktor intern dan ekstern. Faktor intern yang berasal dari diri individu meliputi intelegensi, minat dan kelelahan sedangkan faktor ekstern yang berasal dari luar individu meliputi keluarga sekolah dan lingkungan; strategi yang digunakan guru dalam mengatasi kesulitan belajar pendidikan kewarganegaraan yaitu menentukan letak kesulitannya, memberikan pengajaran remidial, memberikan motivasi belajar, memberikan pengulangan bahan materi berulang-ulang sampai siswa yang mengalami kesulitan belajar mampu diatasi.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Upaya guru mengatasi kesulitan belajar
Subjects: Politik > Kewarganegaraan; Pendidikan kewarganegaraan
Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Pendidikan/ Pengajaran: hubungan guru dengan siswa, manajemen kelas
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Nurul Sinto Ambawani
Date Deposited: 30 Jan 2016 01:57
Last Modified: 30 Jan 2016 01:57
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/281

Actions (login required)

View Item View Item