BINTI MEI WULANDARI, 10144300045 and Sigit Handoko, Prodi.PKn, Universitas PGRI Yogyakarta (2014) PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP PEMBUDAYAAN KONSTITUSI DI DESA KELOR, KARANGMOJO, WONOSARI GUNUNGKIDUL. Artikel Prodi. PKn Universitas PGRI Yogyakarta.
|
Text
binti.pdf Download (231kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Persepsi Masyarakat Terhadap Pembudayaan KonstitusiDi Desa Kelor, Karangmojo, WonosariGunungkidul. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Tempat penelitian di Desa Kelor, Karangmojo, Gunungkidul. Waktu penelitian pada bulan Januari 2014 sampai Maret 2014. Subjek penelitian adalah Kepala Desa, 7 Kepala Dusun, 7 Ketua RT, 7 Masyarakat.Teknik dan pengumpulan data:wawancara, dokumentasi. Keabsahan data yang dilakukan dengan triangulasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis interaktif terdiri dari tiga alur yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil Penelitian menujukan bahwa hasil persepsi masyarakat terhadap pembudayaan konstitusi belum banyak yang mengetahui tentang konstitusi. Usaha yang dilakukan oleh perangkat pada setiap dusun dengan sosialisasi kepada masyarakat berbagai cara melalui pertemuan-pertemuan namun untuk sosialisasi mengenai keseluruhan tentang konstitusi belum pernah terlaksana dalam masyarakat Desa Kelor. Pembudayaan konstitusi pada masyarakat Desa Kelor belum secara keseluruhan terlaksana karena kurangnya antusias masyarakat mengenai kegiatan yang berhubungan sosialisasi. Sosialisasi dalam pembudayaan konstitusi diharapkan mampu memberikan pemahaman dan pengetahuan kepada masyarakat agar dapat tetap dijalankan.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Persepsi masyarakat dan pembudayaan konstitusi |
Subjects: | Hukum |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan |
Depositing User: | Mr. Nugroho |
Date Deposited: | 17 Jun 2020 02:20 |
Last Modified: | 17 Jun 2020 02:20 |
URI: | http://repository.upy.ac.id/id/eprint/2164 |
Actions (login required)
View Item |