ANING SUTRIYANI, 10144200140 (2015) HUBUNGAN ANTARA POLA ASUH ORANG TUA DAN KECERDASAN EMOSI DENGAN KONSEP DIRI SISWA KELAS VIII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 2 MLATI DI SINDUADI MLATI SLEMAN TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Universitas PGRI Yogyakarta.
|
Text
Artikel Aning Sutriyani (10144200140).pdf Download (190kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) hubungan pola asuh orang tua dengan konsep diri siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Mlati di Sinduadi Mlati Sleman Tahun Pelajaran 2014/2015, (2) hubungan kecerdasan emosi dengan konsep diri siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Mlati di Sinduadi Mlati Sleman Tahun Pelajaran 2014/2015, dan (3) hubungan pola asuh orang tua dan kecerdasan emosi dengan konsep diri siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Mlati di Sinduadi Mlati Sleman Tahun Pelajaran 2014/2015. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Mlati di Sinduadi Mlati Sleman Tahun Pelajaran 2014/2015 yang berjumlah 110 siswa. Pengambilan dengan menggunakan teknik quota random sampling yaitu 77% dengan mengambil siswa yakni sejumlah 85 siswa. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini digunakan angket yang divalidasi dengan validitas konstruks. Teknik analisis data dengan menggunakan statistik rumus analisis regresi ganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Ada hubungan positif antara pola asuh orang tua dengan konsep diri siswa, dengan mengetahui hasil perhitungan angka rx1y = 0,366 dengan (p) 0,001 < 0,05, yang berarti semakin baik pola asuh orang tua terhadap siswa akan meningkatkan konsep diri siswa, (2) Ada hubungan positif antara kecerdasan emosi dengan konsep diri siswa dengan mengetahui hasil perhitungan angka rx2y = 0,423 dengan (p) 0,000 < 0,05, yang berarti semakin tinggi kecerdasan emosi siswa akan meningkatkan pembentukan konsep diri siswa, (3) Ada hubungan positif antara pola asuh orang tua dan kecerdasan emosi dengan konsep diri siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Mlati di Sinduadi Mlati Sleman Tahun Pelajaran 2014/2015 dengan mengetahui hasil perhitungan angka harga Fhitung = 12,854 dengan (p) 0,000 < 0,05, yang artinya semakin baik pola asuh orang tua kepada siswa dan semakin tinggi kecerdasan emosi siswa akan meningkatkan konsep diri siswa. Implikasi dalam penelitian ini, orang tua memiliki peran penting dalam menerapkan pola asuh yang sesuai dan kecerdasan emosi siswa yang akan berpengaruh terhadap meningkatnya konsep diri siswa yang positif.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pola asuh orang tua, kecerdasan emosi, konsep diri |
Subjects: | Psikologi > Kecerdasan intelektual dan mental > Kecerdasan dan Bakat Psikologi > Psikologi Terapan > Psikologi Konseling, nasihat, penyuluhan Pendidikan > Bimbingan dan Konseling di sekolah > Pola asuh Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Kedisiplinan di sekolah; hukuman, penghargaan |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | FITRI RIANI |
Date Deposited: | 27 Jan 2016 03:08 |
Last Modified: | 27 Jan 2016 03:08 |
URI: | http://repository.upy.ac.id/id/eprint/190 |
Actions (login required)
View Item |