Novita Astuti, Pendidikan Matematika UPY and Aulia Insani, Pendidikan Matematika UPY and Batselyena Kelmaskosu, Pendidikan Matematika UPY and Ariadi, Pendidikan Matematika UPY (2019) Potret Pemahaman Konsep pada Pokok Bahasan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). FKIP Pendidikan Matematika UPY.
|
Text
PAPER_2.pdf Download (874kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pemahaman konsep matematika pada pokok bahasan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian kuantitatif dan deskriptif kualitatif (mix method). Pendekatan yang dilakukan adalah memotret pemahaman konsep pada 21 mahasiswa Pendidikan Matematika. Metode pengumpulan data penelitian meliputi metode tes tertulis yang mengacu pada tes pemahaman konsep matematika dengan indikator yaitu 1) menyatakan ulang sebuah konsep, 2) mengklasifikasi objek menurut tertentu sesuai dengan konsepnya, 3) memberikan contoh dan bukan contoh dari suatu konsep, 4) menyajikan konsep dalam berbagai bentuk representasi matematis, 5) mengembangkan syarat perlu atau syarat cukup dari suatu konsep, 6) menggunakan dan memanfaatkan serta memilih prosedur atau operasi tertentu, 7) mengaplikasikan konsep atau algoritma dalam pemecahan masalah. Hasil rata-rata pemahaman konsep matematika pada kelima indikator adalah sebesar 58,8% dengan rincian pemahaman konsep pada indikator pertama sebesar 53%, pemahaman konsep pada indikator kedua sebesar 55%, pemahaman konsep pada indikator ketiga sebesar 87%, pemahaman konsep pada indikator keempat sebesar 60%, dan pemahaman konsep pada indikator kelima sebesar 39%.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Potret pemahaman konsep dan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel |
Subjects: | Matematika > Kalkulus deferensial dan persamaan deferensial |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr. Nugroho |
Date Deposited: | 28 May 2019 03:50 |
Last Modified: | 28 May 2019 03:50 |
URI: | http://repository.upy.ac.id/id/eprint/1876 |
Actions (login required)
View Item |