EARNINGS MANAGEMENT DALAM INITIAL PUBLIC OFFERING (IPO) PADA PERUSAHAAN DALAM DAFTAR EFEK SYARI’AH

Anindita Imam Basri, Prodi. Manajemen UPY (2017) EARNINGS MANAGEMENT DALAM INITIAL PUBLIC OFFERING (IPO) PADA PERUSAHAAN DALAM DAFTAR EFEK SYARI’AH. Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ANIN jurnal.pdf

Download (440kB) | Preview

Abstract

Perusahaan membutuhkan banyak dana untuk pengembangan usahanya. Melalui pasar modal, perusahaan menjual sebagian kepemilikan perusahaan dalam bentuk instrumen keuangan kepada masyarakat luas (investor) atau istilah yang cukup populer adalah go public. Dalam proses go public, sebelum saham diperdagangkan di pasar sekunder (bursa efek) terlebih dahulu saham perusahaan yang go public dijual di pasar perdana (primary market) yang biasa disebut IPO (Initial Public Offering). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menjelaskan inengetahui dan menjelaskan inengetahui dan menjelaskan in engetahui dan menjelaskan in engetahui dan menjelaskan in engetahui dan menjelaskan in engetahui dan menjelaskan in engetahui dan menjelaskan in engetahui dan menjelaskan inengetahui dan menjelaskan in engetahui dan menjelaskan inengetahui dan menjelaskan indikasi variabel variabel variabel variabel pada perusahaan yang pada perusahaan yang pada perusahaan yang pada perusahaan yang pada perusahaan yang pada perusahaan yang pada perusahaan yang pada perusahaan yang pada perusahaan yang pada perusahaan yang pada perusahaan yang pada perusahaan yang pada perusahaan yang go public go public go public tahu tahun 2007 n 2007 -2009 . Faktor-faktor tersebut adalah earnings management pada periode pada periode pada periode pada periode pada periode pada periode saat saatsaat dan dan periode periode periode sesudah esudah esudah go public go publicgo public go public. Pada periode tahun tersebut terdapat 11 perusahaan yang digunakan dalam penelitian ini. Penelitian ini dilakukan dengan metode purposive sampling terhadap 11 perusahaan yang melakukan penawaran umum perdana (IPO) di Daftar Efek Syariah periode tahun 2007-2009. Analisis terhadap data yang diperoleh berupa analisis kuantitatif. Metode dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif. Hasil analisis deskriptif menunjukan bahwa dengan uji paired sample t-test mengenai ada tidaknya perbedaan discretionary accruals (DAC) pada periode sebelum, saat dan sesudah IPO. Hasilnya terdapat perbedaan discretionary accruals pada periode sebelum dan saat IPO. Hal ini berarti bahwa pada periode saat IPO manajemen cenderung melakukan manajemen laba untuk menarik perhatian investor. Sedangkan pada saat dan setelah IPO tidak terjadi perbedaan discretionary accruals, hal ini disebabkan setelah IPO kondisi perusahaan menjadi lebih baik kinerjanya setelah adanya tambahan modal, melalui penjualan saham-saham perdana kepada publik.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Earnings Management, Initial Public Offering, Total Accrual, Discretionary Accruals
Subjects: Manajemen > Manajemen Perusahaan
Divisions: Karya Dosen
Depositing User: FITRI RIANI
Date Deposited: 07 Sep 2018 08:40
Last Modified: 15 Apr 2019 03:36
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/1831

Actions (login required)

View Item View Item