HUBUNGAN ANTARA PELAKSANAAN PENDIDIKAN SISTEM GANDA DAN INFORMASI PEKERJAAN DENGAN KESIAPAN MENTAL KERJA SISWA KELAS XII SMKN 1 SUMENEP TAHUN AJARAN 2014/ 2015

FELY SUSANTO, 09144200185 (2014) HUBUNGAN ANTARA PELAKSANAAN PENDIDIKAN SISTEM GANDA DAN INFORMASI PEKERJAAN DENGAN KESIAPAN MENTAL KERJA SISWA KELAS XII SMKN 1 SUMENEP TAHUN AJARAN 2014/ 2015. Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Artikel Fely Susanto (09144200185).pdf

Download (208kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) hubungan antara pelaksanaan pendidikan sistem ganda dengan kesiapan mental kerja (2) hubungan antara informasi pekerjaan dengan kesiapan mental kerja (3) hubungan antara pelaksanaan pendidikan sistem ganda dan informasi pekerjaan dengan kesiapan mental kerja siswa kelas XII SMKN I Sumenep Tahun Ajaran 2014/2015. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII SMKN I Sumenep Tahun Ajaran 2014/2015 sebanyak 425 siswa. Teknik pengambilan data dengan quota random sampling berjumlah 85 siswa. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini digunakan angket. Teknik analisa data dengan menggunakan analisis korelasi dan regresi ganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Ada hubungan positif dan signifikan antara pelaksanaan pendidikan sistem ganda dengan kesiapan mental kerja, dengan mengetahui hasil perhitungan angka rx1y = 0,349 dan rtabel = 0,213 (untuk N = 85 pada taraf signifikansi 5%) atau rhitung > rtabel (0,349 > 0,213) dengan p = 0,001 < 0,05, yang berarti semakin baik pelaksanaan pendidikan sistem ganda pada siswa akan semakin meningkatkan kesiapan mental kerja siswa. (2) Ada hubungan positif dan signifikan antara informasi pekerjaan dengan kesiapan mental kerja, dengan mengetahui hasil perhitungan angka rx2y = 0,360 dan rtabel = 0,213 (untuk N = 85 pada taraf signifikansi 5%) atau rhitung > rtabel (0,360 > 0,213) dengan p = 0,001 < 0,05, yang berarti semakin baik informasi pekerjaan yang diperoleh siswa akan semakin meningkatkan kesiapan mental kerja siswa. (3) Ada hubungan positif dan signifikan antara pelaksanaan pendidikan sistem ganda dan informasi pekerjaan secara bersama-sama terhadap kesiapan mental kerja siswa dengan mengetahui hasil perhitungan angka harga Fhitung = 9,333 dengan p = 0,000 < 0,05, yang artinya semakin baik pelaksanaan pendidikan sistem ganda dan semakin baik informasi pekerjaan yang diperoleh siswa akan semakin meningkatkan kesiapan mental siswa dalam bekerja. Implikasi dalam penelitian ini, maka guru dan orangtua dituntut bekerjasama dalam meningkatkan kesiapan mental kerja siswa dengan meningkatkan pelaksanaan pendidikan sistem ganda dan memberikan informasi pekerjaan yang sebanyak-banyaknya dengan didukung adanya pemahaman diri yang sesuai dengan kesiapan mental yang dimiliki siswa.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: pelaksanaan pendidikan sistem ganda, informasi pekerjaan, kesiapan mental kerja
Subjects: Psikologi > Kecerdasan intelektual dan mental
Psikologi > Kecerdasan intelektual dan mental > Pemikiran, pertimbangan, intuisi, nilai
Pendidikan > Filsafat dan teori Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: FITRI RIANI
Date Deposited: 27 Jan 2016 02:40
Last Modified: 27 Jan 2016 02:52
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/183

Actions (login required)

View Item View Item