ANALISIS AWARENESS PRODUK KARTU SELULER DAN MENENTUKAN STRATEGI PEMASARAN DI PROVINSI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Fitri Susilowati, S.E.,M.Sc. (2015) ANALISIS AWARENESS PRODUK KARTU SELULER DAN MENENTUKAN STRATEGI PEMASARAN DI PROVINSI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Artikel Penelitian Fitri Susilowati.pdf

Download (219kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat persaingan dan menentukan strategi pemasaran produk kartu seluler.Populasi dari survei ini adalah pengguna telepon seluler untuk kartu pra bayar wilayah cakupan survey, yaitu Daerah Istimewa Yogyakarta yang meliputi kabupaten Kulonprogo dan kabupaten Gunung Kidul.Dari populasi tersebut akan diambil sampel yang jumlahnya memenuhi syarat untuk dijadikan responden.Analisis data untuk mengetahui tingkat persaiangan menggunakan analisis brand awareness,yang meliputi top of mind, brand recall, brand recognition dan unware of brand untuk kemudian dilakukan perhitungan persentase. Sedangkan untuk menentukan strategi pemasaran menggunakan analisis SWOT. Berdasarkan hasil survey potensi pasar dengan100 responden analisis brand awareness di Kabupaten gunung kidul yang meliputi jumlah pengguna kartu mayoritas adalah kartu XL, top of mindadalah kartu XL,brandrecalladalah kartu simpati, Brand recognition paling sedikit adalah kartu XL dan pengaruh referensi pengguna kartu seluler di kabupaten gunung kidul adalah referensi teman dan iklan.. Sedangkan untuk analisisbrand awareness yang dilakukan di Kabupaten Kulon Progo meliputi jumlah pengguna kartu mayoritas adalah IM3, top of mind adalah kartu AS dan IM3, Brand recall adalah kartu XL,Brand recognition paling sedikit adalah kartu Mentari. Strategi Pemasaran utama dengan analisis SWOT dari masing-masing provider kartu GSM adalah Kartu Simpati memperbesar jaringan di Indonesia dengan memanfaatkan kekuatan sinyal yang kuat, suara yang jelas, teknologi canggih; Kartu AS memperluas pangsa pasar dengan memanfaatkan jaringan yang luas, sinyal kuat, pilihan paket banyak dan harga yang lebih murah dibandingkan dengan produk telkomsel yang lain (sim pati); Kartu IM3 meningkatkan pelayanan prima dengan jaringan operasiona yang didukung oleh kantor layanan galeri indosat dan griya indosat yang tersebar di Indonesia, tarif murah, bonus sms, variasi produk layanan;Kartu Mentarimemperluas jaringan di Indonesia agar dapat meningkatkan pelayanan pada segmen pasar dan market share yang masih luas dengan tarif yang murah,dan meningkatkan diversifikasi produk; Kartu XL penggunaan teknologi canggih untuk memperluas jaringan, pelayanan yang baik, meningkatkan sinyal.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Brand,awareness,pemasaran,SWOT
Subjects: Manajemen > Manajemen Pemasaran, Distribusi
Divisions: Karya Dosen
Depositing User: Mr. Nugroho
Date Deposited: 26 Jan 2016 08:36
Last Modified: 26 Jan 2016 09:02
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/182

Actions (login required)

View Item View Item