PERSEPSI SISWA TENTANG PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DI SMP NEGERI 2 TURI SLEMAN YOGYAKARTA

Ahmat Basori, 11144300013 (2015) PERSEPSI SISWA TENTANG PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DI SMP NEGERI 2 TURI SLEMAN YOGYAKARTA. Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Artikel Ahmat Basori (11144300013).pdf

Download (110kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan Untuk Mengetahui Persepsi Siswa Tentang Pendidikan Multikultural di SMP Negeri 2 Turi Sleman Yogyakarta, Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Tempat penelitian di SMP Negeri 2 Turi Sleman Yogyakarta. Waktu penelitian dilakukan pada bulan Mei sampai dengan bulan Juni 2015. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII A-D dengan mengambil 2 siswa disetiap masing-masing kelas. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data yang dilakukan dengan triangulasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis interaktif terdiri dari tiga alur yaitu : reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian mengenai Persepsi Siswa Tentang Multikultural di SMP Negeri 2 Turi Sleman dapat disimpulkan bahwa di SMP Negeri 2 Turi Sleman menanamkan pendidikan multikultural sebagai modal menghargai keberagaman agama, status ekonomi, usia, jenis kelamin sebagai sarana bahwa keragaman yang melekat pada diri siswa menjadi pendekatan dalam pembelajaran tersebut, tujuan utamanya adalah siswa dengan beragam budaya mendapatkan perlakuan yang sama dalam pendidikan dan saling menghargai budaya lain sehingga siswa dapat bergaul secara terbuka dengan latar belakang teman yang berbeda.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Persepsi Siswa, Pendidikan Multikultural
Subjects: Sosial
Politik > Kewarganegaraan; Pendidikan kewarganegaraan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: Nurul Sinto Ambawani
Date Deposited: 26 Jan 2016 05:10
Last Modified: 26 Jan 2016 05:10
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/181

Actions (login required)

View Item View Item