PENANAMAN KARAKTER PADA ANAK USIA SEKOLAH DASAR

Intan Kurniasari Suwandi, FKIP Universitas Alma Ata (2017) PENANAMAN KARAKTER PADA ANAK USIA SEKOLAH DASAR. In: Seminar Nasional PGSD Universitas PGRI Yogyakarta, 18 Desember 2017 : ISBN 978-602-50837-1-6.

[img]
Preview
Text
0A. Cover Prosiding SEMNAS PGSD 2017 UPY.pdf

Download (536kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. Intan Kurniasari Suwandi.pdf

Download (266kB) | Preview

Abstract

Artikel ini berisi hasil kajian tentang penggunaan buku cerita bergambar sebagai salah satu sarana dalam penanaman karakter pada anak usia Sekolah Dasar (SD). Kegiatan membaca umumnya digunakan sebagai sarana rekreasi bagi seseorang. Namun, sebenarnya kegiatan membaca juga dapat digunakan sebagai sarana untuk mentransfer ilmu pengetahuan dan nilai-nilai dengan lebih menyenangkan. Salah satu bahan bacaan yang populer di kalangan anak usia SD ialah buku cerita bergambar. Buku cerita bergambar tidak hanya mampu menarik anak untuk membacanya, tetapi juga dapat memberikan inspirasi bagi pembacanya. Inspirasi tersebut dapat dihadirkan melalui teladan kehidupan yang diidealkan dari tokoh yang berkarakter. Melalui cara tersebut, anak dapat dikenalkan tentang karakter baik dan karakter tidak baik sehingga harapannya anak dapat meneladani karakter-karakter baik dari buku cerita bergambar yang dibacanya. Manfaat lain dari penggunaan buku cerita bergambar sebagai bahan bacaan, yaitu buku cerita bergambar dapat membantu transisi membaca dan mengenalkan kosakata kepada anak. Berdasarkan beberapa keunggulan tersebut, buku cerita bergambar dapat digunakan guru/orang tua sebagai suplemen pembelajaran maupun sebagai sumber utama pembelajaran. Hal ini berarti bahwa guru/orang tua perlu mempertimbangkan jenis buku cerita bergambar apa yang akan digunakan. Buku cerita bergambar dapat diklasifikasikan menjadi picture book, picture storybook, illustrated book, dan informational picture book (Matulka, 2007: 7). Yang membedakan antara keempat jenis buku cerita bergambar tersebut ialah proporsi dan peranan antara gambar dan teks. Pemilihan jenis buku cerita bergambar tersebut juga perlu mempertimbangkan kesesuaiannya dengan karakteristik anak dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: buku cerita bergambar, penanaman karakter, anak usia SD
Subjects: Pendidikan > Etika Pendidikan; pendidikan karakter, budi pekerti, moral
Divisions: Prosiding
Depositing User: Mr. Nugroho
Date Deposited: 25 May 2018 02:59
Last Modified: 25 May 2018 02:59
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/1803

Actions (login required)

View Item View Item