S U S A N T I, 13155140017 (2018) PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA, LINGKUNGAN PERGAULAN, DAN MOTIVASI SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS X IPS SMA MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Pascasarjana MIPS Universitas PGRI Yogyakarta.
|
Text
Artikel.pdf Download (389kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) pengaruh perhatian orang tua terhadap prestasi belajar mata pelajaran Geografi kelas X IPS. 2) pengaruh lingkungan pergaulan terhadap prestasi belajar Geografi kelas X IPS. 3) pengaruh motivasi terhadap prestasi belajar mata pelajaran Geografi kelas X IPS. 4) Untuk mengetahui pengaruh perhatian orang tua, lingkungan pergaulan, dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar Geografi kelas X IPS SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta tahun pelajaran 2016/2017 Penelitian ini merupakan kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa X IPS SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta berjumlah 105 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) ada pengaruh positif dan signifikan perhatian orang tua terhadap prestasi belajar Geografi kelas X IPS SMA Muhammadiayah 3 Yogyakarta tahun pelajaran 2016/2017. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh nilai thitung = 2.013 dengan p = 0.047. 2) ada pengaruh positif dan signifikan lingkungan pergaulan terhadap prestasi belajar mata pelajaran Geografi kelas X IPS SMA Muhammadiayah 3 Yogyakarta tahun pelajaran 2016/2017. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh nilai thitung = 2.044 dengan p = 0.044. 3) Ada pengaruh positif dan signifikan motivasi belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran Geografi kelas X IPS SMA Muhammadiayah 3 Yogyakarta tahun pelajaran 2016/2017. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh nilai thitung = 3.586 dengan p = 0.001. 4) Ada pengaruh positif dan signifikan perhatian orang tua, lingkungan pergaulan dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar Geografi kelas X IPS SMA Muhammadiayah 3 Yogyakarta tahun pelajaran 2016/2017. Berdasarkan hasil analsis data diperoleh nilai Fhitung = 23.333 dengan p = 0,000, hal ini berarti bahwa semakin tinggi perhatian orang tua, semakin baik lingkungan pergaulan siswa dan semakin baik motivasi belajar maka semakin tinggi pula prestasi belajar siswa. Hasil analisis regresi ganda memberikan sumbangan yang signifikan dari perhatian orang tua, lingkungan pergaulan, dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta tahun pelajaran 2017/2018 dengan sumbangan sebesar 40,9% sedangkan sisanya 59,1% dipengaruhi faktor lain.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | perhatian orang tua, lingkungan pergaulan, motivasi belajar, prestasi belajar geografi |
Subjects: | Pendidikan > Bimbingan dan Konseling di sekolah > Pola asuh |
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan IPS |
Depositing User: | Mr. Nugroho |
Date Deposited: | 13 Apr 2018 02:18 |
Last Modified: | 13 Apr 2018 02:18 |
URI: | http://repository.upy.ac.id/id/eprint/1787 |
Actions (login required)
View Item |