PENGARUH PENDIDIKAN KELUARGA, KECERDASAN EMOSIONAL, DAN KOMPETENSI GURU TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK KELAS VII SMP NEGERI 4 PAKEM TAHUN PELAJARAN 2016/2017

RATMININGRUM, 13155140003 (2018) PENGARUH PENDIDIKAN KELUARGA, KECERDASAN EMOSIONAL, DAN KOMPETENSI GURU TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK KELAS VII SMP NEGERI 4 PAKEM TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Pascasarjana MIPS Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL RATMININGRUM.pdf

Download (457kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP N 4 Pakem yang berjumlah 159 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket. Teknik analisis data menggunakan regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Ada pengaruh positif dan signifikan pendidikan keluarga terhadap pembentukan karakter peserta didik kelas VII SMP Negeri 4 Pakem Tahun Pelajaran 2016/2017. Hal ini dibuktikan dengan thitung = 2.718, sig = 0.044, 2) Ada pengaruh positif dan signifikan kecerdasan emosional terhadap pembentukan karakter peserta didik kelas VII SMP Negeri 4 Pakem Tahun Pelajaran 2016/2017. Hal ini dibuktikan dengan thitung = 2.086, sig = 0.032. 3) Ada pengaruh positif dan signifikan kompetensi guru terhadap pembentukan karakter peserta didik kelas VII SMP Negeri 4 Pakem Tahun Pelajaran 2016/2017. Hal ini dibuktikan dengan thitung = 2.963, sig = 0.004. 4) Ada pengaruh positif dan signifikan pendidikan keluarga, kecerdasan emosional dan kompetensi guru secara bersama-sama terhadap pembentukan karakter peserta didik kelas VII di SMP Negeri 4 Pakem Tahun Pelajaran 2016/2017. Hal ini dibuktikan dengan Freg = 8.668, sig = 0.014, berarti semakin baik pendidikan keluarga, semakin siswa mempunyai kecerdasan emosional yang tinggi yang disertai dengan kompetensi guru yang semakin baik maka semakin baik pula pembentukan karakter bagi peserta didik. Ketiga variabel bebas tersebut mempunyai kontribusi terhadap pembentukan karakter peserta didik sebesar 6,6%, sedangkan sisanya 93,4% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: pendidikan keluarga, kecerdasan emosional, kompetensi guru dan pembentukan karakter
Subjects: Pendidikan > Bimbingan dan Konseling di sekolah > Pola asuh
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan IPS
Depositing User: Mr. Nugroho
Date Deposited: 12 Apr 2018 02:56
Last Modified: 12 Apr 2018 02:56
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/1782

Actions (login required)

View Item View Item