IMPLEMENTASI SILA KEADILAN SOSIAL BAGI SELURUH RAKYAT INDONESIA TERHADAP PEMENUHAN HAK ATAS PENDIDIKAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (STUDI KASUS DI SMP TUMBUH YOGYAKARTA)

Tri Haryanto, 13144300054 (2017) IMPLEMENTASI SILA KEADILAN SOSIAL BAGI SELURUH RAKYAT INDONESIA TERHADAP PEMENUHAN HAK ATAS PENDIDIKAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (STUDI KASUS DI SMP TUMBUH YOGYAKARTA). Prodi PPKn Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Artikel.pdf

Download (121kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi sila keadilan sosial bagi seluruhrakyat Indonesia terhadap pemenuhan hak atas pendidikan anak berkebutuhan khusus di SMP Tumbuh, Yogyakarta. Penelitian kualitatif ini dilaksanakan SMP Tumbuh, komplek Jogja Nasional Museum (JNM), Jalan Amri Yahya, Gampingan, Wirobrajan Yogyakarta. Subjek penelitian sebanyak 12 orang yang terdiri atas Kepala Sekolah SMP Tumbuh Yogyakarta, Koordinator Kesiswaan SMP Tumbuh, Guru Pendamping Khusus (GPK), Guru mata pelajaran, Pustakawan dan 7 siswa SMP Tumbuh Yogyakarta yang terdiri dari siswa regular dan siswa berkebutuhan khusus. Analisis data menggunakan analisis induktif yang berarti bahwa katagori-katagori, tema-tema dan pola berasal dari data, dengan kajian naturalistik sehingga dapat menghasilkan kesimpulan berdasarkan data yang diperoleh. Metode pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data ditempuh dengan trianggulasi sumber. Hasil dari implementasi sila keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia terhadap pemenuhan hak atas pendidikan anak berkebutuhan khusus dapat disimpulkan bahwa SMP Tumbuh mengimplementasikannya dengan cara tidak membedakan antara anak regular dengan anak berkebutuhan khusus, guna menghindari diskriminasi terhadap anak. Mulai dari kurikulum, guru, proses pembelajaran serta sarana dan prasarana tidak ada perbedaan. Semua hal tersebut sudah disesuaikan dengan kebutuhan siswa, baik siswa regular maupun siswa berkebutuhan khusus.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Implementasi ,hak atas pendidikan, anak bekebutuhan khusus
Subjects: Politik > Hak Asasi Manusia (HAM)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: Mr. Nugroho
Date Deposited: 14 Mar 2018 01:23
Last Modified: 14 Mar 2018 01:23
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/1716

Actions (login required)

View Item View Item