ANALISIS STRUKTURAL DAN NILAI PENDIDIKAN SOSIAL DALAM NOVEL PULANG KARYA TERE LIYE

Siti Misbah, 13144800007 (2017) ANALISIS STRUKTURAL DAN NILAI PENDIDIKAN SOSIAL DALAM NOVEL PULANG KARYA TERE LIYE. Prodi Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL.pdf

Download (227kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah novel Pulang karya Tere Liye dengan tebal 400 halaman, diterbitkan di Jakarta oleh Republika Penerbit pada bulan Agustus 2016. Data dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif yang menghasilkan sajian data deskriptif berupa kalimat atau kata yang terdapat dalam novel Pulang karya Tere Liye. Cara pengumpulan data dilakukan dengan teknik baca dan teknik catat. Teknik keabsahan data yang digunakan yaitu dengan ketekunan pengamatan, ketelitian penelitian, dan triangulasi metode. Hasil penelitian ini menunjukkan 1. unsur intrinsik: a. fakta cerita; 1) alur campuran; 2) karakter; tokoh utama yaitu Bujang; tokoh tambahan yaitu Samad, Midah, Guru Bhusi, Frans, Edwin, Joni, dan Tauke Imam; tokoh protagonis yaitu Tauke Muda/Tauke Besar, Kopong, Salonga, Master Dragon, White, Yuki dan Kiko, Parwez, dan Mansur; tokoh antagonis yaitu Basyir, Brigade Tong, dan Shang; 3) latar: latar waktu yaitu pagi, siang, sore, dan malam; latar tempat yaitu pedesaan, kota provinsi, ibu kota, dan luar negeri; latar sosial budaya yaitu kalangan atas; b. Tema; tema mayor yaitu perjuangan; tema minor yaitu kekuasaan ekonomi; c. Sarana sastra; 1) judul yaitu kembali ke jalan Tuhan; 2) sudut pandang yaitu sudut pandang orang pertama pelaku utama; 3) gaya dan tone yaitu gaya bahasa dalam kehidupan sehari-hari, sedangkan tone yaitu marah; 4) simbol-simbol; menakutkan; menegangkan; kesedihan; 5) ironi; ironi dramatis; ironi situasional; c. hubungan antarunsurnya yaitu saling keterkaitan satu sama lain; 2. Nilai pendidikan social; a. kasih saying; pengabdian; tolong menolong; kekeluargaan; kesetiaan; kepedulian; b. tanggung jawab yaitu empati; c. keserasian hidup; keadilan; toleransi; kerjasama. Penelitian ini direlevansikan terhadap bahan ajar pembelajaran bahasa Indonesia pada KD 7.2 Memahami berbagai hikayat, novel Indonesia atau novel terjemahan untuk kelas XI semester ganjil.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: unsur intrinsik, nilai pendidikan sosial, novel Pulang karya Tere Liye
Subjects: Kesusastraan > Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mr. Nugroho
Date Deposited: 19 Dec 2017 04:06
Last Modified: 19 Dec 2017 04:06
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/1655

Actions (login required)

View Item View Item