ANALISIS SEMIOTIKA PRAGMATIK, NILAI PENDIDIKAN LIRIK LAGU “MERAH”, “HIJAU”, “KUNING” ALBUM SINESTESIA BAND EFEK RUMAH KACA, DAN KETERKAITANNYA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY DALAM PENGAJARAN PUISI DI SMP

Wuri Wuryandari, 13144800002 (2017) ANALISIS SEMIOTIKA PRAGMATIK, NILAI PENDIDIKAN LIRIK LAGU “MERAH”, “HIJAU”, “KUNING” ALBUM SINESTESIA BAND EFEK RUMAH KACA, DAN KETERKAITANNYA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY DALAM PENGAJARAN PUISI DI SMP. Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas PGRI Yogyakarta. (In Press)

[img]
Preview
Text
Artikel.pdf

Download (264kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) Mendeskripsikan makna lirik lagu “Merah”, “Hijau, “Kuning” dalam album Sinestesia band Efek Rumah Kaca secara umum dengan menggunakan semiotika pragmatik Charles Sanders Peirce (2) Mendeskripsikan nilai pendidikan karya sastra yang mencakup nilai pendidikan moral, sosial, budaya, dan agama lirik lagu “Merah”, “Hijau, “Kuning” dalam album Sinestesia band Efek Rumah Kaca (3) Mendeskripsikan keterkaitan analisis semiotika pragmatik dengan penggunaan model pembelajaran discovery dalam pengajaran puisi di SMP. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah peneliti sendiri. Objek penelitian adalah lirik lagu “Merah”, “Hijau”, “Kuning” dalam album Sinestesia band Efek Rumah Kaca. Data dianalisis dengan teknik deskriptif kualiatif yang menghasilkan data deskriptif berupa kalimat atau kata yang terdapat dalam lirik lagu “Merah”, “Hijau, “Kuning” dalam album Sinestesia band Efek Rumah Kaca. Cara pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, dokumentasi, dan observasi. Teknik keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber dan waktu. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa setiap judul lagu memiliki kekhasannya masing-masing. Lirik “Merah” membahas mengenai politik, “Hijau” tentang isu lingkungan politik dan lingkungan hidup, sedangkan “Kuning” membahas tentang kehidupan umat beragama. Nilai pendidikan karya sastra dalam lirik lagu hanya ditemukan tiga, yaitu nilai pendidikan moral, sosial, dan agama. Ada keterkaitan analisis semiotika pragmatik terhadap penggunaan model pembelajaran discovery dalam pengajaran puisi.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: semiotika pragmatik, merah hijau kuning, nilai pendidikan karya sastra, pembelajaran discovery
Subjects: Kesusastraan > Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mr. Nugroho
Date Deposited: 04 Dec 2017 01:27
Last Modified: 04 Dec 2017 01:27
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/1641

Actions (login required)

View Item View Item