STUDI KASUS TENTANG SISWA DENGAN LATAR BELAKANG EKONOMI RENDAH DI SMP BOPKRI 5 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2016/2017

ANISYA RETNO MARDILAH, 13144200179 (2017) STUDI KASUS TENTANG SISWA DENGAN LATAR BELAKANG EKONOMI RENDAH DI SMP BOPKRI 5 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2016/2017. Prodi Bimbingan dan Konseling Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Artikel Anisya Retno Mardilah (13144200179).pdf

Download (202kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) keadaan ekonomi rendah pada siswa di SMP Bopkri 5 Yogyakarta, (2) karakteristik keluarga siswa dengan latar belakang ekonomi rendah di SMP Bopkri 5 Yogyakarta, (3) motivasi belajar siswa dengan latar belakang ekonomi rendah di SMP BOPKRI 5 Yogyakarta, (4) peran orang tua dalam memotivasi belajar anak dengan latar belakang ekonomi rendah di SMP Bopkri 5 Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif metode studi kasus dengan subjek 2 siswa dengan latar belakang ekonomi rendah di SMP Bopkri 5 Yogyakarta. Tekhnik pengumpulan data menggunakan tekhnik observasi, wawancara dan dokumentasi. Tekhnik analisis data menggunakan langkah-langkah reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian subjek DW berasal dari keluarga dengan latar belakang pendidikan yang rendah, kedua orang tua bekerja serabutan dan tidak mempunyai penghasilan tetap. Karakteristik keluarga DW memandang kegiatan belajar itu penting namun untuk mencukupi kebutuahan hidup juga tidak kalah penting. Ekonomi rendah pada DW menjadikan sebuah motivasi untuk dapat belajar dengan giat dengan harapan dapat membanggakan orang tua dan dapat membantu meringankan beban orang tua. Perana orang tua DW dengan mendidik DW untuk dapat mandiri semejak dini dan lebih bergantung kepada Tuhan. Subjek GT berasal dari latar belakang keluarga dengan pendidikan yang rendah. Keluarga GT memandang pendidikan dan kegiatan belajar kurang begitu penting, dilihat dari sikap orang tua GT yang kurang memotivasi GT untuk belajar dan sekolah, sehingga GT menjadi anak yang pemalas. Peran orang tua GT hanya sebagai pemberi fasilitas dan kurang begitu peduli dengan GT. Kedua subjek mempunyai latar belakang ekonomi yang sama namun memiliki motivasi yang berbeda dalam kegiatan belajar.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: ekonomi, motivasi, peran orang tua
Subjects: Pendidikan > Sosiologi Pendidikan: aspek sosial dalam pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Mr. Nugroho
Date Deposited: 21 Oct 2017 02:04
Last Modified: 21 Oct 2017 02:04
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/1586

Actions (login required)

View Item View Item