PROFIL INTERAKSI SOSIAL SISWA YANG AKTIF DALAM KEGIATAN OSIS SMP MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2017/2018

PROPIATI PRATIWI, 13144200096 (2017) PROFIL INTERAKSI SOSIAL SISWA YANG AKTIF DALAM KEGIATAN OSIS SMP MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Prodi Bimbingan dan Konseling Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Artikel Propiati Pratiwi.pdf

Download (78kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses interaksi sosial siswa yang terjadi didalam kegiatan OSIS SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian ini dilakukan terhadap siswa yang mengikuti kegiatan OSIS SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan terhadap siswa yang mengikuti OSIS yang terdiri dari 5 siswa yang memiliki jabatan sebagai ketua, sekertaris, bendahara, dan anggota. Data yang diperoleh, kemudian dianalisis dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa interaksi sosial yang terjadi di IPM SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta telah mencapai efektifitas dalam berinteraksi di lingkungan sekolah seperti adanya komunikasi yang terjalin cukup baik antara warga sekolah, adanya kerjasama antara para pengurus IPM dan juga saling merangkul antara sesama para pengurus IPM. Dalam pengambilan keputusanpun semua para pengurus IPM ikut terlibat serta ada pula keterlibatan guru sebagai pihak penengah pengambilan keputusan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Interaksi sosial, Dalam kegiatan OSIS
Subjects: Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Murid, siswa, pelajar: OSIS, kegiatan ekstrakulikuler
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Mr. Nugroho
Date Deposited: 19 Oct 2017 01:48
Last Modified: 19 Oct 2017 01:48
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/1584

Actions (login required)

View Item View Item