Indriana Widya Putri, 13144600102 (2017) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR IPS BERBASIS GAMBAR KELAS III SEKOLAH DASAR. Prodi PGSD Universitas PGRI Yogyakarta.
|
Text
Artikel.pdf Download (578kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengembangkan bahan ajar IPS berbasis gambar dan 2) mengetahui efektivitas penggunaan bahan ajar IPS berbasis gambar kelas III SD. Penelitian ini dilaksanakan di kelas III SD Negeri Jatisarono dengan subjek sampel sebanyak 20 siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (R&D). Teknik dan pengumpulan data berupa observasi, wawancara, angket, dan tes. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah dengan cara mengitung nilai prestasi belajar IPS, menghitung presentase observasi, presentase angket, dan perhitungan gain. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa 1) penelitian ini sudah disesuaikan dengan langkah-langkah penelitian pengembangan (R&D). 2) Hasil pretest yaitu sebelum menggunakan bahan ajar berbasis gambar menghasilkan nilai rata-rata 45,85 dan nilai posttest yaitu setelah menggunakan bahan ajar berbasis gambar menghasilkan nilai rata-rata 73,50. Dilihat dari mean 73,50 yang berada pada kelas interval 67,5-82,5. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil nilai posttest berada pada kategori tinggi dan ada peningkatan pada prestasi belajar siswa, dan uji gain 0,510 yang berinterpretasi sedang. Maka dapat dikatakan bahan ajar berbasis gambar efektif digunakan dalam pembelajaran IPS kelas III.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan Bahan Ajar, Gambar |
Subjects: | Pendidikan > Kurikulum > Pengembangan Kurikulum |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr. Nugroho |
Date Deposited: | 12 Oct 2017 02:12 |
Last Modified: | 12 Oct 2017 02:12 |
URI: | http://repository.upy.ac.id/id/eprint/1556 |
Actions (login required)
View Item |