PENGEMBANGAN LKS BERBASIS SCIENTIFIC APPROACH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PPKN KELAS VII SISWA SMP NEGERI 5 TANJUNG PANDAN KABUPATEN BELITUNG TAHUN AJARAN 2017/2018

HERLINA, 13144300027 (2017) PENGEMBANGAN LKS BERBASIS SCIENTIFIC APPROACH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PPKN KELAS VII SISWA SMP NEGERI 5 TANJUNG PANDAN KABUPATEN BELITUNG TAHUN AJARAN 2017/2018. Prodi PPKn Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL.pdf

Download (146kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mendeskripsikan karakteristik LKS PPKn berbasis scientific approach untuk digunakan dalam pembelajaran kelas VII SMP, (2) kelayakan LKS PPKn berbasis scientific approach untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa dalam pembelajaran kelas VII SMP, dan (3) Mengukur keefektifan LKS PPKn berbasis scientific approach untuk hasil belajar kognitif siswa kelas VII SMP. Penelitian ini menggunakan metode research and development (R&D) yang mengadaptasi model penelitian pengembangan Borg & Gall. Prosedur penelitian ini meliputi (1) Studi pendahuluan, (2) Perencanaan penelitian, (3) Penyusunana produk pengembangan LKS, (4) Uji coba pendahuluan, (5) Revisi hasil uji coba pendahuluan, (6) Uji coba kelompok kecil, (7) Revisi hasil uji coba kelompok kecil, (8) Uji coba lapangan, (9) Revisi hasil uji coba lapangan, (10) Diseminasi Produk. Uji coba lapangan menggunakan pretest posttest control group design terhadap Siswa kelas VII SMPN 5 Tanjungpandan. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, angket, observasi, dan tes. Instrumen pengumpulan data meliputi pedoman wawancara, lembar angket, lembar observasi, soal tes hasil belajar kognitif. Kelayakan LKS dianalisis dengan menggunakan konversi skor skala 5. Keefektifan LKS dalam meningkatkan hasil belajar kognitif Siswa pada saat uji coba lapangan dianalisis dengan menggunakan rarat-rata nilai pretest dan posttes serta menghitung tingkat keberhasilan belajar. Hasil penelitian ini berupa LKS berbasis scientific Approach dengan tema “Norma dan Keadilan” untuk Siswa SMP kelas VII. Hasil validasi dan uji coba LKS menunjukkan bahwa (1) LKS PPKn berbasis scientific approach layak digunakan dalam pembelajaran dan (2) efektif dalam meningkatkan hasil belajar kognitif Siswa.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pengembangan LKS PPKn, Scientific Approach, Hasil Belajar Kognitif Siswa
Subjects: Politik > Kewarganegaraan; Pendidikan kewarganegaraan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: Mr. Nugroho
Date Deposited: 12 Oct 2017 01:36
Last Modified: 12 Oct 2017 01:36
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/1551

Actions (login required)

View Item View Item