ADIKSI BERMAIN GAME ONLINE PADA SISWA SEKOLAH DASAR NEGERI BAJING 1 KECAMATAN KROYA KABUPATEN CILACAP

Anggit Pirantika, 13144600005 (2017) ADIKSI BERMAIN GAME ONLINE PADA SISWA SEKOLAH DASAR NEGERI BAJING 1 KECAMATAN KROYA KABUPATEN CILACAP. Prodi PGSD Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Artikel.pdf

Download (371kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei-Juni 2017. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa, guru kelas dan orang tua siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan angket, observasi dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah penyajian data, reduksi data dan penarikan kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa mengalami tingkat adiksi salience, tolerance, mood modification, withdrawal, relapse, conflict dan problems yang berdampak negatif pada siswa. Dari penelitian ditemukan 10 dari 26 siswa terbukti adiksi bermain game online. Data dicari menggunakan kriteria atau indikator seseorang mengalami adiksi menurut teori Jeroen S. Lemmens. Menurut siswa bermain game online asik, seru, menyenangkan dan menarik. Mereka sering merasa sedih, mudah marah, gelisah dan kesal ketika tidak dapat bermain game online. Kesimpulannya adalah bermain game online membuat siswa adiksi dan berdampak negatif bagi sekolah dan kehidupan siswa diluar sekolah.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: bermain game online, adiksi, indikator adiksi, dampak negatif
Subjects: Psikologi > Psikologi diferensial dan perkembangan > Psikologi Anak
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr. Nugroho
Date Deposited: 05 Oct 2017 01:55
Last Modified: 05 Oct 2017 01:55
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/1525

Actions (login required)

View Item View Item