Chandra Anis Setyawatik, 13144800020 (2017) KEEFEKTIFAN STRATEGI THINK TALK WRITE (TTW) DALAM PEMBELAJARAN MENULIS PUISI SISWA KELAS VIII SMP N 2 GAMPING TAHUN AJARAN 2016/2017. Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia UPY.
|
Text
Artikel.pdf Download (173kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan menggunakan desain pretest – posttest control group design. Variabel dalam penelitian ini ada dua, yaitu variabel bebas berupa penggunaan strategi Think Talk Write (TTW) dan variabel terikat berupa keterampilan menulis puisi. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Gamping. Penentuan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Berdasarkan teknik tersebut diperoleh kelas VIIIC sebagai kelas kontrol dan kelas VIIID sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes menulis puisi. Validitas yang digunakan adalah validitas isi dan reliabilitas instrumen Alpha Cronbach. Hasil uji reliabilitas diperoleh r = 0,639. Sebelum diadakan analisis data, terlebih dahulu dilakukan uji persyaratan yaitu uji normalitas dan uji homogenitas menggunakan program SPSS 20.0. Berdasarkan hasil perhitungan program SPSS 20.0 dapat diketahui bahwa hasil uji normalitas pratest kelompok kontrol 0,168, posttest kelompok kontrol 0,078, pratest kelompok eksperimen 0,510, dan posttest kelompok eksperimen 0,182. Uji normalitas pada semua data menunjukkan P > 0,05, maka semua data dikatakan normal. Uji homogenitas data pratest menunjukkan 0,116 dan posttest menunjukkan 0,797 (P > 0,05 = homogen). Hasil perhitungan uji-t yang dilakukan pada skor posttest antara kelompok kontrol dan kelompok eksperimen menunjukkan bahwa thitung sebesar 7,285 dengan db 62 dan p sebesar 0,000. Nilai thitung lebih besar dari ttabel pada db 62 dan taraf signifikansi 5% (7,285>1,998). Hal ini menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan keterampilan menulis puisi antara siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Gamping yang mengikuti pembelajaran menulis puisi menggunakan strategi Think Talk Write (TTW) dengan siswa yang mengikuti pembelajaran menulis puisi tanpa menggunakan strategi Think Talk Write (TTW) . Setelah dilakukan uji-t pretest-posttest masing-masing kelompok, terlihat bahwa thitung kelompok eksperimen lebih besar dari ttabel pada db 31 (6,714 > 1,695). Hal ini menunjukkan bahwa strategi Think Talk Write (TTW) efektif digunakan dalam pembelajaran menulis puisi siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Gamping.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi Think Talk Write (TTW) , Menulis Puisi |
Subjects: | Kesusastraan |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mr. Nugroho |
Date Deposited: | 02 Oct 2017 04:19 |
Last Modified: | 02 Oct 2017 04:19 |
URI: | http://repository.upy.ac.id/id/eprint/1507 |
Actions (login required)
View Item |