Puji Rahayu, 13144600147 (2017) PERAN GURU DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA KELAS V DI SDN TANJUNGHARJO NANGGULAN KULON PROGO 2016/ 2017. Prodi PGSD UPY.
|
Text
ARTIKEL.pdf Download (276kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru dalam membentuk karakter siswa kelas V di SDN Tanjungharjo Nanggulan Kulon Progo, mengetahui karakter yang terbentuk pada siswa kelas V SDN Tanjungharjo Nanggulan Kulon Progo, dan mengetahui faktor penghambat dalam membentuk karakter siswa kelas V di SDN Tanjungharjo Nanggulan Kulon Progo. Penelitian dilaksanakan pada bulan April-Juni 2017 di SDN Tanjungharjo Nanggulan Kulon Progo. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru kelas V, kepala sekolah, dan siswa kelas V di SDN Tanjungharjo Nanggulan Kulon Progo. Pengambilan data dalam penelitian ini adalah menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis model Miles Huberman, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber yaitu dengan menggunakan sumber data yang beragam seperti sumber data yang berasal dari guru kelas, kepala sekolah, dan siswa. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi teknik yaitu menggunakan berbagai teknik dalam pengambilan data yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa guru berperan sebagai penyayang, model, dan mentor dalam membentuk karakter siswa. Sebagai penyayang, guru juga berperan sebagai pembimbing dan motivator. Sebagai model, guru juga berperan sebagai inspirator dan teladan, serta sebagai mentor guru juga berperan sebagai inisiator, evaluator, dan motivator. Karakter yang terbentuk pada siswa kelas V SDN Tanjungharjo adalah religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan dan nasionalisme, cinta tanah air, menghargai prestasi, komunikatif, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, dan tanggung jawab. Faktor penghambat dalam membentuk karakter siswa adalah tugas sampingan, waktu, emosi, dan kurang konsistennya antara yang diajarkan dengan kenyataan.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | peran guru, karakter siswa, SDN Tanjungharjo |
Subjects: | Pendidikan > Etika Pendidikan; pendidikan karakter, budi pekerti, moral |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr. Nugroho |
Date Deposited: | 10 Aug 2017 02:28 |
Last Modified: | 10 Aug 2017 02:28 |
URI: | http://repository.upy.ac.id/id/eprint/1428 |
Actions (login required)
View Item |