EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN AUDITORY INTELLECTUALLY REPETITION (AIR) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP N 4 SEWON

ASEP GUNAWAN, 13144100142 (2017) EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN AUDITORY INTELLECTUALLY REPETITION (AIR) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP N 4 SEWON. Prodi Pendidikan Matematika UPY.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL ASEP GUNAWAN.pdf

Download (460kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) lebih efektif daripada model konvensional ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII SMP N 4 Sewon. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (Quasi Experiment) dengan menggunakan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Dengan cara simple random sampling, telah terpilih kelas VIII C dan VIII D SMP N 4 Sewon tahun pelajaran 2016/2017 sebagai sampel penelitian. Analisis data yang dilakukan yaitu analisis hasil observasi, tes kemampuan pemecahan masalah matematika, uji prasyarat, dan uji hipotesis. Hasil penelitian yang dilakukan pada kelas eksperimen yang menggunakan model Auditory Intellectually Repetition (AIR) dan kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika menunjukkan bahwa, nilai pretest dan posttest kedua kelas berdistribusi normal serta variansi kedua kelas homogen. Uji hipotesis pertama menggunakan uji t satu sampel, diperoleh nilai

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Efektivitas Pembelajaran, Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR), kemampuan pemecahan masalah matematika
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr. Nugroho
Date Deposited: 10 Aug 2017 02:24
Last Modified: 10 Aug 2017 02:24
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/1427

Actions (login required)

View Item View Item