MONIKA CAHYANINGRUM, 13244240002 (2017) HUBUNGAN KECERDASAN EMOSI DENGAN PRESTASI BELAJAR PADA SISWA KELAS VIII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA MUHAMMADIYAH 1 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2016/2017. Prodi Bimbingan dan Konseling UPY.
|
Text
ARTIKEL SKRIPSI.pdf Download (45kB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan emosi dengan prestasi belajar pada siswa kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Muhammadiyah 1 Yogyakarta Tahun Ajaran 2016/2017. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Muhammadiyah 1 Yogyakarta Tahun Ajaran 2016/2017 yang berjumlah 200 siswa.Sampel dalam penelitian ini mengambil sebagaian populasi sebanyak 60 siswa denganmenggunakan teknik quota random sampling. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket. Teknik analisis data dengan menggunakan analisis korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara kecerdasan emosi dengan prestasi belajar siswa kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Muhammadiyah 1 Yogyakarta Tahun Ajaran 2016/2017 dengan diketahui nilai rhitung sebesar 0,672 dengan p = 0,000 lebih kecil dari 0,05 (taraf signifikansi 5%). Dengan demikian semakin tinggi kecerdasan emosi siswa maka semakin tinggi prestasi belajar siswa, sebaliknya semakin rendah kecerdasan emosi siswa maka semakin rendah prestasi belajar siswa. Implikasi dari penelitian ini adalah bahwa dengan kecerdasan emosi yang tinggi dapat mendukung proses belajar siswa sehingga dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kecerdasan emosi, prestasi belajar |
Subjects: | Pendidikan > Bimbingan dan Konseling di sekolah |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Mr. Nugroho |
Date Deposited: | 10 Aug 2017 01:51 |
Last Modified: | 10 Aug 2017 01:51 |
URI: | http://repository.upy.ac.id/id/eprint/1425 |
Actions (login required)
View Item |