HUBUNGAN ANTARA PROKRASTINASI AKADEMIK DENGAN PERILAKU MENYONTEK SISWA KELAS VIII SMP N 1 SENTOLO TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Nurul Laila Ramadhani, 13144200087 (2017) HUBUNGAN ANTARA PROKRASTINASI AKADEMIK DENGAN PERILAKU MENYONTEK SISWA KELAS VIII SMP N 1 SENTOLO TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Prodi Bimbingandan Konseling UPY.

[img]
Preview
Text
Artikel.pdf

Download (222kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara prokrastinasi akademik dengan perilaku menyontek siswa kelas VIII SMP N 1 Sentolo tahun pelajaran 2016/2017. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP N 1 Sentolo tahun pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 126 siswa. Sampel dalam penelitian ini mengambil sampel 60 % dari populasi sebesar 75 siswa dengan menggunakan teknik quota cluster random sampel. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket. Teknik analisis data dengan menggunakan analisis statistik dengan rumus korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan yang positif antara prokrastinasi akademik dengan perilaku menyontek siswa kelas VIII SMP N 1 Sentolo tahun pelajaran 2016/2017 dengan diketahui nilai koefisien korelasi r sebesar 0,446 dengan p = 0,000 (lebih kecil dari 0,05). Dengan demikian semakin tinggi prokrastinasi akademik maka semakin tinggi perilaku menyontek siswa, sebaliknya semakin rendah prokrastinasi akademik pada siswa maka semakin rendah perilaku menyontek siswa. Implikasi dari penelitian ini adalah bahwa prokrastinasi akademik yang tinggi dapat meningkatkan perilaku menyontek siswa. Diharapkan sekolah dan guru bimbingan konseling mampu melaksanakan kegiatan bimbingan dan konseling secara efektif.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: prokrastinasi akademik, perilaku menyontek
Subjects: Pendidikan > Bimbingan dan Konseling di sekolah
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Mr. Nugroho
Date Deposited: 10 Aug 2017 01:41
Last Modified: 10 Aug 2017 01:41
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/1423

Actions (login required)

View Item View Item