HUBUNGAN LAYANAN BIMBINGAN PRIBADI DAN BIMBINGAN BELAJAR DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 KASIHAN TAHUN AJARAN 2015/2016

LEVIA ANDRIANI, 12144200019 (2017) HUBUNGAN LAYANAN BIMBINGAN PRIBADI DAN BIMBINGAN BELAJAR DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 KASIHAN TAHUN AJARAN 2015/2016. Prodi Bimbingan dan Konseling UPY.

[img]
Preview
Text
Artikel Levia Andriani (12144200019).pdf

Download (340kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) hubungan antara layanan bimbingan pribadi dengan motivasi belajar siswa, (2) hubungan antara bimbingan belajar dengan motivasi belajar siswa, (3) hubungan antara layanan bimbingan pribadi dan bimbingan belajar dengan motivasi belajar siswa kelas VII SMP N 1 Kasihan Tahun Pelajaran 2015/2016. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP N 1 Kasihan Yogyakarta Tahun Pelajaran 2015/2016 yang berjumlah 162 siswa. Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik quota random sampling yakni sejumlah 81 siswa. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini digunakan angket yang divalidasi dengan validitas konstruk. Teknik analisis data dengan menggunakan analisis bivariat korelasi produk moment dan analisis multivariat regresi ganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Ada hubungan yang positif signifikan antara layanan bimbingan pribadi dengan motivasi belajar siswa, dengan mengetahui hasil perhitungan angka rx1y = 0,426 dengan p = 0,000 < 0,05, yang berarti semakin efektif pelaksanaan layanan bimbingan pribadi, maka semakin tinggi motivasi belajar siswa, (2) Ada hubungan yang positif signifikan antara bimbingan belajar dengan motivasi belajar siswa dengan mengetahui hasil perhitungan angka rx2y = 0,408 dengan p = 0,000 < 0,05, yang berarti semakin efektif bimbingan belajar siswa maka motivasi belajar siswa akan meningkat dan semakin kurang efektif bimbingan belajar pada siswa, maka semakin rendah motivasi belajar siswa, (3) Ada hubungan yang positif signifikan antara layanan bimbingan pribadi dan bimbingan belajar dengan motivasi belajar siswa dengan mengetahui hasil perhitungan angka harga Fhitung = 15,998 dengan (p) 0,000 < 0,05, yang artinya semakin efektif pelaksanaan layanan bimbingan pribadi dan bimbingan belajar maka motivasi belajar siswa akan semakin meningkat. Implikasi dalam penelitian ini, sekolah khusus guru bimbingan konseling memiliki peran penting dalam pelaksanaan layanan bimbingan pribadi dan bimbingan belajar secara efektif dalam membentuk pemahaman dan potensi diri siswa yang positif sehingga dapat meningkatkan motivasi belajar dan tercapai tujuan pembelajaran di sekolah.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: layanan bimbingan pribadi, bimbingan belajar, motivasi belajar
Subjects: Pendidikan > Bimbingan dan Konseling di sekolah
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Mr. Nugroho
Date Deposited: 06 Apr 2017 04:25
Last Modified: 06 Apr 2017 04:25
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/1308

Actions (login required)

View Item View Item