HUBUNGAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 PAJANGAN, BANTUL TAHUN AJARAN 2015/2016

HENI DANI ASTUTI, 12144200086 (2017) HUBUNGAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 PAJANGAN, BANTUL TAHUN AJARAN 2015/2016. Prodi Bimbingan dan Konseling UPY.

[img]
Preview
Text
1. ARTIKEL.pdf

Download (188kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan bimbingan kelompok dengan minat belajar siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Pajangan, Bantul Tahun Ajaran 2015/2016. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Pajangan, Bantul Tahun Ajaran 2015/2016 yang berjumlah 150 siswa. Sampel dalam penelitian ini sebesar 75 anak dengan menggunakan teknik quota random sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket. Teknik analisa data dengan menggunakan analisis korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan yang positif dan signifikan bimbingan kelompok dengan minat belajar siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Pajangan, Bantul Tahun Ajaran 2015/2016 dengan diketahui nilai rhitung sebesar 0,431 dengan p = 0,000 lebih kecil dari  = 0,05 (taraf signifikansi 5%). Dengan demikian semakin baik pelaksanaan bimbingan kelompok maka semakin tinggi minat belajar siswa, sebaliknya semakin kurang pelaksanaan bimbingan kelompok maka semakin rendah minat belajar siswa. Implikasi dari penelitian ini adalah bahwa dengan pelaksanaan bimbingan kelompok yang efektif akan mengembangkan kemampuan dan potensi diri siswa sehingga dapat meningkatkan minat belajar siswa. Diharapkan sekolah dan guru BK mampu mengembangkan pelaksanaan bimbingan kelompok melalui kegiatan yang mendukung peningkatan minat belajar siswa.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: bimbingan kelompok, minat siswa
Subjects: Pendidikan > Bimbingan dan Konseling di sekolah
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Mr. Nugroho
Date Deposited: 03 Apr 2017 04:27
Last Modified: 03 Apr 2017 04:27
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/1307

Actions (login required)

View Item View Item