IMPLEMENTASI MODEL KONSIDERASI UNTUK MENINGKATKAN SOCIAL SKILL DAN CRITICAL THINKING MAHASISWA PADA MATAKULIAH PENDIDIKAN PANCASILA

Ari Wibowo, Universitas PGRI Yogyakarta (2016) IMPLEMENTASI MODEL KONSIDERASI UNTUK MENINGKATKAN SOCIAL SKILL DAN CRITICAL THINKING MAHASISWA PADA MATAKULIAH PENDIDIKAN PANCASILA. In: Seminar Nasional PGSD Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
23. Ari Wibowo.pdf

Download (185kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi model Konsiderasi dalam pembelajaran matakuliah Pendidikan Pancasila. Selain itu peneltian ini juga ditujukan untuk mengetahuipeningkatan social skill dan critical thinking mahasiswa setelah menggunakan metode konsiderasi.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah sesuai dengan rancangan lesson study. Teknik pengumpulan datanya dengan tes dan observasi. Instrumen pengumpulan datanya dengan menggunakan LKM dan lembar observasi. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif.Hasil dari penelitian ini adalah (1) implementasi pembelajaran konsiderasidapat menigkatkan ketrampilan sosial mahasiswa dengan rata-rata 2,50 pada siklus I; 3,00 siklus II; 3,33 siklus III dan 3,44 pada siklus IV. (2) metode konsiderasi juga dapat meningkatkan ketrampilan berpikir kritis mahasiswa dengan rata rata 2,20 pada siklus I; 2,74 pada siklus II; 3,06 pada siklus III dan 3,11 pada siklus IV.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Model Konsiderasi, Ketrampilan Sosial, Ketrampilan Berpikir Kritis
Subjects: Politik > Kewarganegaraan; Pendidikan kewarganegaraan
Divisions: Prosiding
Depositing User: Mr. Nugroho
Date Deposited: 09 Mar 2017 03:16
Last Modified: 09 Mar 2017 03:16
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/1260

Actions (login required)

View Item View Item