PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK YANG TERINTEGRASI NILAI KARAKTER DAN KEARIFAN LOKAL UNTUK SISWA SD

Mahilda Dea Komalasari, Universitas PGRI Yogyakarta and Ahmad Mabruri Wihaskoro, Universitas Cokroaminoto Yogyakarta (2016) PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK YANG TERINTEGRASI NILAI KARAKTER DAN KEARIFAN LOKAL UNTUK SISWA SD. In: Seminar Nasional PGSD Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
22. Mahilda Dea Komalasari, Ahmad Mabruri Wihaskoro.pdf

Download (74kB) | Preview

Abstract

Pendidikan karakter merupakan solusiideal dari persoalan degradasi karakter di Indonesia. Namun dalam praktiknya, untuk menanamkan nilai karakter memiliki kesulitan tersendiri, yaitu adanya perbedaan adat dan budaya antar daerah di Indonesia. Oleh karena itu, nilai karakter perlu dibarengi oleh nilai kearifan lokal agar lebih mudah dipraktikkan oleh siswa. Upaya untuk menanamkan nilai karakter tersebut dapat dilakukan melaluikegiatan pembelajaran di sekolah. Penanaman nilai karakter tidak hanya berpusat pada mata pelajaran PPKN atau agama, namun juga dapat melalui pembelajaran matematika. Pembelajaran matematika yang terintegrasi nilai karakter dan kearifan lokal adalah melalui pembelajaran matematika realistik. Terdapat dua tujuan dalam penerapan pembelajaran matematika realistik yang terintegrasi nilai karakter dan kearifan lokal, yaitu (1) pembelajaran matematika realistik membentuk kesadaran diri siswa akan nilai-nilai karakter; dan (2) siswa mampu mengkonstruk pengetahuan matematikanya berdasarkan realita kearifan lokal dimana siswa tersebut tinggal.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran matematika realistik, pendidikan karakter, kearifan lokal
Subjects: Pendidikan > Etika Pendidikan; pendidikan karakter, budi pekerti, moral
Matematika > Matematika Terapan
Divisions: Prosiding
Depositing User: Mr. Nugroho
Date Deposited: 09 Mar 2017 03:13
Last Modified: 09 Mar 2017 03:13
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/1259

Actions (login required)

View Item View Item