OPTIMALISASI PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS PERMAINAN TRADISIONAL PADA PENDIDIKAN JASMANI ANAK TUNALARAS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING (NEURO LEARNING DAN PSYCHOLOGY LEARNING)

Erick Burhaein, Ilmu Keolahragaan Pascasarjana UNY (2016) OPTIMALISASI PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS PERMAINAN TRADISIONAL PADA PENDIDIKAN JASMANI ANAK TUNALARAS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING (NEURO LEARNING DAN PSYCHOLOGY LEARNING). In: Seminar Nasional PGSD Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
8. erick burhaein.pdf

Download (461kB) | Preview

Abstract

Pendidikan karakter merupakan pembentukan nilai-nilai etika, estetika, moral, dan khususnya termasuk unsur budaya kearifan lokal. Pendidikan karakter ditujukan juga kepada anak tunalaras dengan karakteristik gangguan perilaku emosi dan sosialnya. Kondisi anak kebutuhan khusus tunalaras memiliki karakteristik disfungsi sistem syaraf pusat sehingga timbul respon perilaku yang cenderung menyimpang. Optimalisasi pembelajaran akan terjadi melalui kontribusi sinergiantara neuro learning dengan phsycology learning sehingga menghasilkan model pembelajaran quantum learning. Hasil adaptasi dari mekanisme tersebut mampu mengurangi gangguan perilaku pada anak tunalaras sehingga anak lebih terkontrol sisi emosional dan sosialnya. Berkaitan dengan hal tersebut maka dapat disimpulkan bahwa optimalisasi pendidikan karakter berbasis permainan tradisional akan memberikan perubahan perilaku anak tunalaras melalui modelpembelajaran pendidikan jasmani quantum learning.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: Pendidikan > Etika Pendidikan; pendidikan karakter, budi pekerti, moral
Divisions: Prosiding
Depositing User: Mr. Nugroho
Date Deposited: 09 Mar 2017 02:16
Last Modified: 09 Mar 2017 02:16
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/1245

Actions (login required)

View Item View Item