HUBUNGAN ANTARA LAYANAN BIMBINGAN SOSIAL DAN MOTIVASI DIRI DENGAN PERCAYA DIRI SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 2 GAMPING TAHUN AJARAN 2016-2017

Candra Pamungkas, 12144200059 (2016) HUBUNGAN ANTARA LAYANAN BIMBINGAN SOSIAL DAN MOTIVASI DIRI DENGAN PERCAYA DIRI SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 2 GAMPING TAHUN AJARAN 2016-2017. Bimbingan dan Konseling, UPY.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL.pdf

Download (30kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) hubungan antara layanan bimbingan sosial dengan percaya diri siswa, (2) hubungan antara motivasi diri dengan percaya diri siswa, (3) hubungan antara layanan bimbingan sosial dan motivasi diri dengan percaya diri siswa, (4) sumbangan efektif layanan bimbingan sosial dan motivasi diri terhadap percaya diri siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Gamping TahunAjaran 2016-2017 Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Gamping Tahun Ajaran 2016-2017 yang berjumlah 197 siswa. Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik quota random sampling sejumlah 50 siswa. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini digunakan angket. Teknik analisis data dengan menggunakan analisis korelasi product moment dan analisis regresi ganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Ada hubungan yang positif signifikan antara layanan bimbingan social dengan percaya diri siswa,dengan mengetahui hasil perhitungan angka rx1y = 0,438 dengan (p) 0,002 < 0,05, yang berarti ada semakin efektif pelaksanaan layanan bimbingan social pada siswa maka percaya diri siwa akan semakin tinggi, (2) Ada hubungan yang positif signifikan antara motivasi diri dengan percaya diri siswa,dengan mengetahui hasil perhitungan angka rx1y = 0,548 dengan (p) 0,000 < 0,05, yang berarti ada semakin baik motivasi diri siswa maka semakin tinggi percaya diri siswa, (3) Ada hubungan yang positif signifikan antara layanan bimbingan social dan motivasi diri dengan percaya diri siswa,dengan mengetahui hasil perhitungan angka hargaFhitung13,975 dengan (p) 0,000 < 0,05, yang artinya semakin efektif pelaksanaan layanan bimbingan social dan semakin baik motivasi diri siswa akan dapat meningkatkan percaya diri siswa. Implikasi dalam penelitian ini, sekolah hendaknya memberikan fasilitas dan program kegiatanyang mendukung pelaksanaan layanan bimbingan sosial tentang pemahaman motivasi diri yang baik untuk meningkatkan percaya diri siswa.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: layanan bimbingan sosial, motivasi diri, percaya diri
Subjects: Pendidikan > Bimbingan dan Konseling di sekolah
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Mr. Nugroho
Date Deposited: 13 Dec 2016 04:00
Last Modified: 13 Dec 2016 04:00
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/1202

Actions (login required)

View Item View Item