PENGARUH KONDISI SOSIAL EKONOMI ORANG TUA DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS KELAS IV DI SEKOLAH DASAR SE GUGUS SUKOHARJO

Qori Cahya Dwiningtyas, 12144600165 (2016) PENGARUH KONDISI SOSIAL EKONOMI ORANG TUA DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS KELAS IV DI SEKOLAH DASAR SE GUGUS SUKOHARJO. Prodi. PGSD, Univeristas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL.pdf

Download (431kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SD Segugus Sukoharjo. Penelitian ini dilaksanakan pada Juni 2016. Penelitian ini adalah penelitian survey dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV di sekolah dasar segugus sukoharjo berjumlah 130 siswa dengan sampel sebanyak 95 siswa dan menggunakan teknik pengambilan sampel yaitu propotional random sampling dengan menggunakan tabel Isaac & Michael dengan taraf kesalahan 5%. Pengumpulan data dengan metode angket atau kuesioner dan dokumentasi. Metode angket digunakan untuk mengumpulkan data variabel bebas kondisi sosial ekonomi orang tua dan motivasi belajar siswa, sedangkan metode dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data variabel terikat prestasi belajar IPS. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi sederhana untuk hipotesis pertama dan kedua serta analisis regresi ganda untuk hipotesis ketiga. Sebelum analisis data terlebih dahulu diadakan pengujian prasyarat analisis meliputi uji normalitas, linieritas, dan multikolinieritas. Hasil penelitian ini adalah: (1) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan kondisi sosial ekonomi orang tua terhadap prestasi belajar IPS kelas IV di SD Se-Gugus Sukoharjo. Hal ini ditunjukkan dengan koefisien korelasi sebesar 0, 184, nilai thitung lebih besar dari ttabel yaitu 1,804 > 1,661 dengan koefisien determinasi sebesar 0,034 yang artinya 3,4% variabel Kondisi Sosial Ekonomi Orang Tua mempengaruhi Prestasi Belajar IPS (2) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan Motivasi Belajar Siswa terhadap prestasi belajar IPS kelas IV di SD Se-Gugus Sukoharjo. Hal ini ditunjukkan dengan koefisien korelasi sebesar 0, 214, nilai thitung lebih besar dari ttabel yaitu 2,109 > 1,661 dengan koefisien determinasi sebesar 0,046yang artinya 4,6% variabel Motivasi Belajar Siswa mempengaruhi Prestasi Belajar IPS (3) Terdapat Pengaruh positif dan signifikan Kondisi Sosial Ekonomi Orang Tua dan Motivasi Belajar Siswa secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar IPS Kelas IV di Sekolah Dasar Se-Gugus Sukoharjo yang ditunjukkan dengan koefisien korelasi sebesar 0,263 nilai Fhitung lebih besar dari Ftabel yaitu: 3,420 > 3,10 pada taraf signifikansi 5% dan koefisien determinasi sebesar 0,069 yang artinya sebesar 6,9% kedua variabel yaitu variabel Kondisi Sosial Ekonomi Orang Tua dan Motivasi Belajar Siswa secara bersama-sama mempengaruhi Prestasi Belajar IPS.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kondisi Sosial Ekonomi Orang Tua, Motivasi Belajar Siswa, Prestasi Belajar IPS
Subjects: Pendidikan > Bimbingan dan Konseling di sekolah > Pola asuh
Pendidikan > Aneka ragam tentang Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr. Nugroho
Date Deposited: 29 Nov 2016 03:34
Last Modified: 29 Nov 2016 03:43
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/1190

Actions (login required)

View Item View Item