HUBUNGAN ANTARA PERHATIAN ORANG TUA DAN KONSEP DIRI DENGAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 GAMPING TAHUN AJARAN 2015/2016

SRI PUJI RAHAYU, 12144200007 (2016) HUBUNGAN ANTARA PERHATIAN ORANG TUA DAN KONSEP DIRI DENGAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 GAMPING TAHUN AJARAN 2015/2016. Prodi. Pendidikan Bimbingan dan Konseling, FKIP, Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Artikel.pdf

Download (400kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) hubungan antara perhatian orang tua dengan kemandirian belajar siswa, (2) hubungan antara konsep diri dengan kemandirian belajar siswa, (3) hubungan antara perhatian orang tua dan konsep diri dengan kemandirian belajar siswa kelas X SMA Negeri 1 Gamping Tahun Ajaran 2015 / 2016. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Gamping Tahun Ajaran 2015 / 2016 yang berjumlah 125 siswa. Pengambilan dengan menggunakan teknik quota random sampling sejumlah 63 siswa. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini digunakan angket yang divalidasi dengan validitas konstruk. Teknik analisis data dengan menggunakan analisis korelasi produk moment dan analisis regresi ganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Ada hubungan yang positif antara perhatian orang tua dengan kemandirian belajar siswa, dengan mengetahui hasil perhitungan angka rx1y = 0,446 dengan p = 0,000 < 0,05, yang berarti semakin baik perhatian orang tua terhadap siswa, maka semakin tinggi kemandirian belajar siswa, (2) Ada hubungan yang positif antara konsep diri dengan kemandirian belajar siswa dengan mengetahui hasil perhitungan angka rx2y = 0,461 dengan p = 0,000 < 0,05, yang berarti semakin baik konsep diri pada siswa maka semakin tinggi kemandirian belajar pada siswa, (3) Ada hubungan yang positif antara perhatian orang tua dan konsep diri dengan kemandirian belajar siswa dengan mengetahui hasil perhitungan angka harga Fhitung = 10,916 dengan (p) 0,000 < 0,05, yang artinya semakin baik perhatian orang tua dan konsep diri pada siswa maka semakin tinggi kemandirian belajar pada siswa. Implikasi dalam penelitian ini, memberi petunjuk kepada pihak sekolah khususnya guru bimbingan dan konseling bahwa pembentukan konsep diri dan dukungan perhatian orang tua yang baik pada siswa mempunyai peran penting untuk meningkatkan kemandirian belajar siswa. Sekolah memiliki peran penting melalui pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling secara efektif dan efisien dengan pemahaman tentang potensi dan konsep diri bagi siswa yang merupakan faktor bagi terwujudnya peningkatan kemandirian belajar pada siswa.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: perhatian orang tua, konsep diri, kemandirian belajar
Subjects: Pendidikan > Bimbingan dan Konseling di sekolah > Pola asuh
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Mr. Nugroho
Date Deposited: 13 Oct 2016 04:14
Last Modified: 13 Oct 2016 04:14
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/1157

Actions (login required)

View Item View Item