Wahyu Kurniawati, UPY (2016) PENGARUH DUKUNGAN ORANG TUA DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD SE-GUGUS KARTINI KECAMATAN BUAYAN KABUPATEN KEBUMEN. Universitas PGRI Yogyakarta.
|
Text
5. Artikel Wahyu Kurniawati5.pdf Download (7MB) | Preview |
Abstract
penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dukungan orang tua, motivasi belajar, dan prestasi belajar IPS kelas V SD se-gugus Kartini, pengaruh dukungan orang tua terhadap prestasi belajar IPS, pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar IPS, dan pengaruh dukungan orang tua dan motivasi secara bersama-sama terhadap prestasi belajar IPS siswa SD Se-Gugus Kartinikecamatan Buayan Kabupaten Kebumen. Penelitian dilaksanakan pada bulan Juni-Agustus 2016 di seluruh SD Se-gugus Kartini kecamatan Buayan kabupaten Kebumen. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas V SD se-gugus Kartini yang berjumlah 137 siswa. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik proportionate random sampling dan diperoleh sampel penelitian sebanyak 103 siswa. pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode koesioner dan dokumentasi. Kesahihan dan kepercayaan instrumen penelitian ini diperoleh validitas dan reliabilitas yang dihitung menggunakan SPSS 16.0 for windows. sedangkan untuk mengetahui pengaruh dukungan orang tua dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar IPS dengan menggunakan analisis regresi ganda. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada dukungan orang tua termasuk pada kategori tinggi dengan persentase sebesar 34%, motivasi belajar termasuk pada kategori tinggi dengan prosentase sebesar 26,2%, prestase belajar termasuk pada kategori sedang dengan prosentase sebesar 6,8%, dan pengaruh yang positif dan signifikan antara dukungan orang tua terhdap prestasi belajar yang ditunjukkan dengan =3.012 dengan p 0,003, = 1,984, maka > can p < 0,05. Ada pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar IPS siswa kelas V SD se-gugus Kartini Kecamatan Buayan Kabupaten Kebumen, yang ditunjukkan dengan =2,579 dengan p=0,011, =1,984, maka > dan p<0,05. Ada pengaruh dukungan orang tua dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar IPS, yang ditunjukkan dengan =23,031 dengan p=0,000, =3,087 dimana >, p<0,05. Jadi dapat dijelaskan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan dukungan orang tua dan motivasi belajar prestasi belajar IPS.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Dukungan Orang Tua, Motivasi Belajar, prestasi belajar IPS |
Subjects: | Pendidikan > Bimbingan dan Konseling di sekolah > Pola asuh Pendidikan > Psikologi Pendidikan; inteljensia, motivasi belajar |
Divisions: | Karya Dosen |
Depositing User: | FITRI RIANI |
Date Deposited: | 28 Sep 2016 08:14 |
Last Modified: | 28 Sep 2016 08:14 |
URI: | http://repository.upy.ac.id/id/eprint/1121 |
Actions (login required)
View Item |