Wahyu Kurniawati, UPY (2016) PENGEMBANGAN MODUL IPA BERWAWASAN ISLAM MATERI ORGAN PENCERNAAN MANUSIA UNTUK SISWA KELAS V DI SEKOLAH DASAR TAHUN AJARAN 2016/2017. Universitas PGRI Yogyakarta.
|
Text
1. Artikel Wahyu Kurniawati.pdf Download (324kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan modul IPA berwawasan Islam, mengetahui kualitas bahan ajar berdasarkan validasi ahli materi, ahli bahan ajar ahli agama, dan respon siswa, dan mengetahui ketuntasan belajar siswa berdasarkan nilai pretes dan postes. Penelitian ini dilaksanakan di SD Budi Mulia Dua Sedayu Bantul Yogyakarta pada tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Budi Mulia Dua Sedayu sebanyak 5 siswa untuk uji coba terbatas dan 16 siswa untuk uji coba lapangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, angket dan respon siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah persentase. Hasil kualitas bahan ajar secara keseluruhan adalah baik dengan persentase sebesar 76 %. Hasil daya tarik bahan ajar berdasarkan respon siswa pada uji coba terbatas diperoleh persentase sebesar 84% dengan kategori menarik, sedangkan pada uji coba lapangan diperoleh persentase sebesar 87% dengan kategori sangat menarik. Nilai rata-rata pretes sebesar 65, sedangkan nilai rata-rata postes adalah 85 sehingga dapat disimpulkan bahwa ketuntasan belajar siswa tinggi.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, Modul IPA, Berwawasan Islam |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar > Sains untuk pendidikan dasar |
Divisions: | Karya Dosen |
Depositing User: | FITRI RIANI |
Date Deposited: | 24 Sep 2016 07:32 |
Last Modified: | 24 Sep 2016 07:32 |
URI: | http://repository.upy.ac.id/id/eprint/1112 |
Actions (login required)
View Item |