Raudlatulhikmah, 12144600073 (2016) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DI SD MUHAMMADIYAH AMBARBINANGUN KASIHAN BANTUL YOGYAKARTA. Skripsi thesis, Universitas PGRI Yogyakarta.
|
Text
Dokumen 1; halm, sampul, Abtrak, persetujuan...hingga daftar isi dan BAB I.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
Dokumen BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (404kB) |
||
Text
Dokumen BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (530kB) |
||
Text
Dokumen BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (679kB) |
||
Text
Dokumen BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (328kB) |
||
|
Text
Dokumen BAB VI dan daftar pustaka-Lampiran.pdf Download (13MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan karakter, pelaksanaan pendidikan karakter dan hambatan yang mempengaruhi pendidikan karakter di SD Muhammadiyah Ambarbinangun Kasihan Bantul Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menyajikan data secara deskriptif.Subjek penelitiannya adalah kepala sekolah, guru,pembina HW, pelatih Tapak Suci dan siswa.Data dikumpulkan melalui teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui proses reduksi, penyajian data dan menarik kesimpulan. Keabsahan data diperoleh melalui proses triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukan bahwa; (1) SD Muhammadiyah Ambarbinangun sudah mengembangkan 18 nilai karakter yaitu nilai religius, kejujuran, kedisiplinan, peduli lingkungan, peduli sosial, cinta tanah air, tanggung jawab, kerjakeras, percaya diri, bersahabat/kominikasi, gemar membaca, rasa ingin tahu, menghargai prestasi, toleransi, kreatif, mandiri, ketangguhan dan nilai S7 yaitu senyum, salam, sopan, santun, semangat, siap melayani. Dari 18 nilai karakter tersebut terdapat 7 butir nilai pokok yang dikembangkan pada pengembangan budaya sekolah yaitu nilai religius, kedisiplinan, kejujuran, peduli lingkungan, peduli sosial, nilai cinta tanah air, dan nilai karakter S7.(2) Pelaksanaan pendidikan karakter di SD Muhammadiyah Ambarbinangun terealisasikan dalam rancangan pembelajaran, kegiatan pembelajaran, kegiatan ektrakurikuler dan pengembangan budaya sekolah. (3) Hambatan implementasi pendidikan karakterdi SD Muhammadiyah Ambarbinangun berasal dari faktor siswa dan guru atau pihak sekolah. Faktor siswa meliputi belum adanya kesadaran untuk selalu menjalankan sholat dhuha, sholat dhuhur berjamaah, mencontohkan semua keteladan yang di berikan oleh guru seperti kebiasaan siswa yang masih membuang sampah sembarangan padahal guru sudah mencontohkan untuk membuang sampah pada tempatnya.Kemudian faktor guru meliputi belum ada upaya dalam mengevaluasi perubahan karakter siswa, guru kurang tepat dalam memilih metode pembelajaran, kurangnya guru ektrakurikuler menjadikan pengawasan terhadap kedisiplin juga masih kurang.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Implementasi, Pendidikan karakter, Sekolah dasar |
Subjects: | Pendidikan > Etika Pendidikan; pendidikan karakter, budi pekerti, moral Pendidikan > Pendidikan Dasar > Sekolah dasar, PGTK, Play Group |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Nurul Sinto Ambawani |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:08 |
Last Modified: | 02 Sep 2016 04:08 |
URI: | http://repository.upy.ac.id/id/eprint/1087 |
Actions (login required)
View Item |