IDENTIFIKASI KESALAHAN DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATERI LINGKARAN SISWA KELAS VIII E SMP N 1 SRANDAKAN TAHUN AJARAN 2015/2016

Erni Panca Dewi, 12144100066 (2016) IDENTIFIKASI KESALAHAN DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATERI LINGKARAN SISWA KELAS VIII E SMP N 1 SRANDAKAN TAHUN AJARAN 2015/2016. Skripsi thesis, Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (219kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (153kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img]
Preview
Text
BAB V + LAMPIRAN.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertunjuan untuk mengetahui letak kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita materi lingkaran berdasarkan teori prosedur Newman siswa kelas VIII E SMP Negeri 1 Srandakan tahun ajaran 2015/2016 dan faktor penyebab kesalahan yang berasal dari faktor intern siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII E yang berjumlah 31 siswa dan terpilih 5 siswa sebagai subyek wawancara. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen tes yang berupa 6 soal cerita materi lingkaran dan wawancara untuk mengetahui faktor penyebab kesalahan yang dilakukan siswa. Berdasarkan hasil analisa data, diperoleh kesimpulan sebagai berikut: (1) Letak kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita materi lingkaran berdasarkan teori prosedur Newman yang dilakukan siswa kelas VIII E SMP N 1 Srandakan adalah (a) Kesalahan memahami soal sebesar 56,99% dengan kesalahan yang dilakukan siswa: tidak lengkap dalam menuliskan apa yang diketahui atau yang ditanyakan dalam soal; menuliskan sama persis seperti soal; dan tidak menuliskan hal-hal yang diketahui atau yang ditanyakan. (b) Kesalahan transformasi sebesar 87,10% dengan kesalahan yang dilakukan siswa: tidak lengkap dalam menuliskan rumus; tidak menuliskan rumus; dan menggunakan rumus yang salah. (c) Kesalahan kemampuan proses sebesar 48,39% dengan kesalahan yang dilakukan siswa: kesalahan dalam operasi perhitungan; tidak mengerjakan penyelesaian soal; dan tidak menyelesaikan perhitungan dengan tuntas. (d) Kesalahan menarik kesimpulan sebesar 70,43% dengan kesalahan yang dilakukan siswa: tidak lengkap dalam menuliskan kesimpulan; menuliskan kesimpulan dengan jawaban yang salah; dan tidak menuliskan kesimpulan. (2) Faktor penyebab kesalahan adalah (a) Faktor intern siswa yang bersifat kognitif yang meliputi: siswa tidak teliti; mengalami kesulitan dalam menterjemahkan kalimat soal maupun alur rumus penyelesaian soal yang diubah ke kalimat matematika; tidak paham rumus; tidak tahu kalau rumus perlu dituliskan secara lengkap; lupa menuliskan rumus maupun kesimpulan; dan tidak tahu kalau penyelesaian soal memerlukan kesimpulan yang dikembalikan ke konteks soal. (b) Faktor intern siswa yang bersifat psikomotor yang meliputi: siswa tidak terampil berhitung untuk menyelesaikan langkah proses perhitungan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kesalahan, Soal Cerita Matematika, Lingkaran
Subjects: Matematika
Matematika > Kelompok Aljabar; brauer, permutasi, jordan, asosiatif
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Nurul Sinto Ambawani
Date Deposited: 02 Sep 2016 03:17
Last Modified: 02 Sep 2016 03:17
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/1079

Actions (login required)

View Item View Item