PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM PELAKSANAAN MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH SD KALIBEROT ARGOMULYO SEDAYU BANTUL

Linggar Pradani, 12144600067 (2016) PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM PELAKSANAAN MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH SD KALIBEROT ARGOMULYO SEDAYU BANTUL. Skripsi thesis, Universitas PGRI Yogyakarta.

[img] Text
Dokumen Bab I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Dokumen BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (125kB)
[img] Text
Dokumen BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (226kB)
[img] Text
Dokumen Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (396kB)
[img] Text
Dokumen BAB V.pdf

Download (63kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran kepala sekolah dalam pelaksanaan Manajemen Berbasis Sekolah SD Kaliberot Argomulyo Sedayu Bantul, mengetahui faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan Manajemen Berbasis Sekolah SD Kaliberot Argomulyo Sedayu Bantul, dan mengetahui strategi yang dilakukan dalam pelaksanaan Manajemen Berbasis Sekolah SD Kaliberot Argomulyo Sedayu Bantul. Penelitian dilaksanakan pada bulan Mei-Juni 2016 di SD Kaliberot Argomulyo Sedayu Bantul. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru kelas, dan komite sekolah di SD Kaliberot Argomulyo Sedayu Bantul. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Berdasarkan hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa peran kepala sekolah dalam pelaksanaan Manajemen Berbasis Sekolah di SD Kaliberot Argomulyo Sedayu Bantul adalah sebagai (1) melakukan transparansi pengelolaan sekolah baik program maupun anggaran, (2) merealisasikan program sekolah, (3) memahamkan warga sekolah mengenai visi dan misi sekolah, (4) menciptakan kepemimpinan sekolah yang demokratis, (5) menciptakan budaya mutu sekolah, (6) adanya upaya memenuhi fasilitas pendukung KBM, dan (7) meningkatkan kinerja profesionalisme kepala sekolah dan guru. Faktor pendukung dalam pelaksanaan Manajemen Berbasis Sekolah adalah (1) kritik dan saran dari bapak ibu guru dan wali murid, (2) adanya kerjasama yang baik, (3) Sumber Daya Manusia yang memadai, (4) adanya paguyuban wali murid, (5) program dan kegiatan sekolah yang memadai sedangkan faktor penghambatnya adalah (1) kepala sekolah merangkap ketua kegiatan di UPT, (2) keterbatasan dana, (3) lahan sekolah terbatas, (4) tempat pembuangan akhir sampah, dan (5) kedisiplinan anak yang kurang. Strategi dalam pelaksanaan Manajemen Berbasis Sekolah adalah (1) membuka ruang konsultasi, (2) mencairkan suasana, (3) memberi teladan (4) menganggarkan dalam RKAS, (5) menyarankan guru untuk menanamkan pendidikan karakter saat pembelajaran, (6) mengundang paguyuban wali murid dan komite untuk musyawarah dalam memajukan sekolah, dan (7) motivasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peran kepala sekolah, Manajemen Berbasis Sekolah
Subjects: Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Administrasi Sekolah
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Nurul Sinto Ambawani
Date Deposited: 31 Aug 2016 07:16
Last Modified: 31 Aug 2016 07:16
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/1048

Actions (login required)

View Item View Item