ASIH WERDANI, 12144200194 (2016) PERAN PERMAINAN MUSIK ANGKLUNG DALAM MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA TUNA GRAHITA RINGAN SLB-C1 DHARMA RENA RING PUTRA I SLEMAN TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Skripsi thesis, Universitas PGRI Yogyakarta.
|
Text
Dokumen 1.pdf_hlm. sampul, abstrak, persetujuan...hingga Daf.pdf Download (827kB) | Preview |
|
Text
Dokumen BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (136kB) |
||
Text
Dokumen BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (289kB) |
||
Text
Dokumen BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (190kB) |
||
|
Text
Dokumen BAB V dan Daftar Pustaka + Lampiran Penting.pdf Download (6MB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran permainan musik angklung dalam meningkatkan kepercayaan diri siswa Tuna Grahita Ringan SLB –C1 Darma Rena Ring Putra I Yogyakarta Tahun Pelajaran 2015/2016. Populasi penelitian ini adalah siswa Tuna Grahita Ringan SLB –C1 Darma Rena Ring Putra I Yogyakarta Tahun Pelajaran 2015/2016 yang berjumlah 25 orang. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket. Teknik analisis data dengan menggunakan analisis korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa permainan musik angklung sangat berperan dalam meningkatkan kepercayaan diri siswa Tuna Grahita Ringan SLBC1 Dharma Rena Ring Putra I Yogyakarta dengan mengetahui harga rhitung sebesar 0,602 dengan p = 0,002 lebih kecil dari 0,05 (taraf signifikansi 5%) dan nilai koefisien determinan sebesar 0,362. Dengan demikian semakin baik pemberian permainan musik angklung terhadap siswa maka semakin tinggi kepercayaan diri siswa, sebaliknya permainan musik angklung yang semakin kurang maka semakin rendah kepercayaan diri siswa. Besarnya pengaruh permainan musik angklung dalam meningkatkan kepercayaan diri siswa adalah 36,2%. Implikasi dari penelitian ini adalah bahwa dengan pemberian permainan musik angklung yang baik akan dapat meningkatkan perkembangan motorik halus dan kasar, sehingga siswa merasa mampu dan percaya diri dalam berinteraksi di lingkungan sekitar. Diharapkan sekolah, guru dan orangtua selalu memberikan perhatian dan dukungan dalam membentuk perilaku anak yang baik terutama kepercayaan diri anak yang lebih baik melalui pemberian alat permainan edukatif yang sesuai dengan perkembangan siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | permainan musik angklung, kepercayaan diri |
Subjects: | Psikologi > Kecerdasan intelektual dan mental Kesenian > Seni Musik > Musik Tradisional Indonesia |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | FITRI RIANI |
Date Deposited: | 31 Aug 2016 03:10 |
Last Modified: | 31 Aug 2016 03:10 |
URI: | http://repository.upy.ac.id/id/eprint/1034 |
Actions (login required)
View Item |