Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar

Wahyu Kurniawati, UPY (2024) Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. IB Press, Klaten.

[img] Text
pembelajaran-IPA-di-SD.pdf

Download (2MB)

Abstract

Agar pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dapat berlangsung dengan baik, maka guru harus memahami hakikat pembelajaran IPA itu sendiri. IPA dikenal juga dengan istilah sains. Kata sains berasal dari bahasa latin yaitu scientia yang berarti “saya tahu.” Dalam bahasa inggris, kata sains berasal dari kata science yang berarti “pengetahuan.” Secara umum, science meliputi natural science yang selanjutnya dikenal dengan IPA dan social science yang selanjutnya dikenal dengan IPS. IPA merupakan cabang ilmu pengetahuan yang berawal dari fenomena alam. IPA didefinisikan dengan pengetahuan yang sistematis dan disusun dengan menghubungkan gejala-gejala alam yang bersifat kebendaan dan didasarkan pada hasil pengamatan. Abdullah & Rahma (2003) menyatakan bahwa IPA merupakan suatu ilmu teoritis, tetapi teori tersebut didasarkan atas pengamatan, percobaan-percobaan terhadap gejala-gejala alam

Item Type: Book
Subjects: Pendidikan
Divisions: Karya Dosen
Depositing User: Mr. Nugroho
Date Deposited: 07 Feb 2024 04:43
Last Modified: 07 Feb 2024 04:43
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/9784

Actions (login required)

View Item View Item