ERMA LESTARI, 12144100091 (2016) EFEKTIVITAS MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP N 3 SEWON. Skripsi thesis, Universitas PGRI Yogyakarta.
|
Text
Dokumen 1 (Hal.depan, BAB I).pdf Download (5MB) | Preview |
|
Text
Dokumen 2 (BAB II).pdf Restricted to Repository staff only Download (911kB) |
||
Text
Dokumen 3 (BAB III).pdf Restricted to Repository staff only Download (556kB) |
||
Text
Dokumen 4 (BAB IV).pdf Restricted to Repository staff only Download (518kB) |
||
|
Text
Dokumen 5 (BAB V, Lampiran 1,2,3,4).pdf Download (164MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model Contextual Teaching Learning (CTL) terhadap pemahaman konsep matematika siswa kelas VIII SMP N 3 Sewon Tahun ajaran 2015/2016 pada pokok bahasan limas. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen (eksperimen semu) dengan desain penelitian Nonequivalent control Group Design. Variabel penelitian ini terdiri dari 2 variabel yaitu variabel bebas yang berupa model Contextual Teaching and Learning (CTL), sedangkan variabel terikatnya adalah pemahaman konsep matematika. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP N 3 Sewon. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan simple random sampling. Diambil dua kelas sebagai sampel, satu kelas eksperimen degan perlakuan model Contextual Teaching and Learning (CTL) dan satu kelas kontrol dengan perlakuan pembelajaran langsung. Teknik pengumpulan data menggunakan tes yaitu soal pretest untuk mengetahui kondisi awal pemahaman konsep matematika siswa dan soal posttest untuk mengetahui pemahaman konsep matematika siswa setelah pembelajaran dengan asumsi kedua kelas berdistribusi normal dan mempunyai variansi yang homogen. Analisi hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji-t satu pihak terhadap nilai posstest. Analisi uji-t terhadap nilai posttest digunakan untuk mengetahui keefektifan model Contextual Teaching and Learning (CTL) ditinjau dari pemahaman konsep matematika siswa. Hasil pengujian hipotesis menggunakan uji-t satu pihak nilai posttest pemahaman konsep matematika menunjukan thitung = 4,204 > ttabel = 1,67 yang artinya H0 ditolak uji signifikan dengan a = 0,05. Jadi, nilai rata-rata posttest pemahaman konsep matematika siswa dengan model CTL lebih baik dibanding pembelajaran langsung. Hal ini menunjukan bahwa penggunaan model Contextual Teaching and Learning (CTL) efektif terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | model Contextual Teaching and Learning (CTL), pembelajaran langsung, efektivitas, pemahaman konsep matematika |
Subjects: | Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode belajar mengajar, Kegiatan belajar mengajar Matematika |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Nurul Sinto Ambawani |
Date Deposited: | 19 Aug 2016 04:20 |
Last Modified: | 19 Aug 2016 04:20 |
URI: | http://repository.upy.ac.id/id/eprint/970 |
Actions (login required)
View Item |