UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR IPS MELALUI METODE COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD

Sarwanta, MIPS UPY and DR. Sunarti, MIPS UPY (2014) UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR IPS MELALUI METODE COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD. Jurnal Sosialita, Vol. 1, No. 2, November 2014.

[img]
Preview
Text
Stad c.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar IPS siswa melalui metode cooperative learning tipe STAD. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research). Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri Mangunsari 3 Kabupaten Magelang tahun pelajaran 2013/2014 yang berjumlah 20 orang, terdiri 14 laki-laki dan 6 perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan uji deskriptif frekuentif. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan keaktifan belajar siswa, yaitu: (1) siklus 1, sebanyak 16 siswa (80%) mencapai ketuntasan belajar; (2) siklus II, sebanyak 17 siswa (85%) mampu mencapai ketuntasan belajar; dan (3) siklus III, sebanyak 20 siswa (100%) mampu mencapai ketuntasan belajar.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: cooperative learning STAD, aktifitas belajar, prestasi belajar IPS
Subjects: Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode belajar mengajar, Kegiatan belajar mengajar
Divisions: Karya Dosen
Depositing User: Mr. Nugroho
Date Deposited: 19 Aug 2016 03:38
Last Modified: 22 Aug 2016 07:16
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/966

Actions (login required)

View Item View Item