UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BERPRESTASI DAN PRESTASI BELAJAR IPS DENGAN METODE MIND MAPPING

Supriyati Basuki Rahayu, MIPS UPY and DR. Sunarti, MIPS UPY (2014) UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BERPRESTASI DAN PRESTASI BELAJAR IPS DENGAN METODE MIND MAPPING. Jurnal Sosialita, Vol. 1, No. 1, Maret 2014.

[img]
Preview
Text
mapping c.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi berprestasi dan prestasi belajar IPS dengan metode Mind Mapping dengan 36 peserta didik sebagai subjek penelitian. Prosedur penelitian dimulai dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengambilan data menggunakan tes, observasi, dan angket. Analisis data menggunakan teknik deskriptif kuantitatif. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa: 1) capaian motivasi berprestasi pada prasiklus 16 peserta didik (44,44%) masuk dalam kategori tidak baik, mengalami kenaikan menjadi 26 peserta didik (72,22%) masuk kategori cukup pada siklus 1, dan pada siklus ke-2 masuk dalam kategori baik sebanyak 28 peserta didik (77,78%); 2) hasil prestasi peserta didik mengalami kenaikan: perolehan nilai lebih dari KKM sebanyak 20 peserta didik (55,56%) meningkat, pada siklus 1 sebanyak 25 peserta didik (69,44%), dan siklus 2 sebanyak 29 peserta didik (80,56%). Rata-rata hasil belajar pada prasiklus 55,60, meningkat menjadi 66,39 pada siklus 1 dan 72,50 pada siklus ke-2.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: motivasi berprestasi, prestasi belajar, metode mind mapping
Subjects: Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode belajar mengajar, Kegiatan belajar mengajar
Divisions: Karya Dosen
Depositing User: Mr. Nugroho
Date Deposited: 19 Aug 2016 03:35
Last Modified: 22 Aug 2016 07:12
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/965

Actions (login required)

View Item View Item