PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY PADA SISWA KELAS VIII G SMP N 1 BAMBANGLIPURO

RISTIYANI, 12144100027 (2016) PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY PADA SISWA KELAS VIII G SMP N 1 BAMBANGLIPURO. Skripsi thesis, Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
DOKUMEN I ( Cover - Bab I ).PDF

Download (717kB) | Preview
[img] Text
DOKUMEN II ( BAB II).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (261kB)
[img] Text
DOKUMEN III (BAB III ).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (401kB)
[img] Text
DOKUMEN IV ( BAB IV ).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (649kB)
[img]
Preview
Text
DOKUMEN V ( Bab v - lampiran ).PDF

Download (10MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa kelas VIII G SMP N 1 Bambanglipuro setelah mengikuti kegiatan pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran Guided Inquiry. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas, yaitu suatu upaya untuk mencermati kegiatan belajar secara kolaboratif berupa sebuah tindakan yang sengaja dimunculkan dan terjadi dalam sebuah kelas. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII G dengan jumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, angket, wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif yaitu menganalisis data observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Sedangkan deskriptif kuantitatif yaitu menganalisis data tes, observasi, dan angket. Hasil penelitian pembelajaran matematika dengan model pembelajaran Guided Inquiry yang dilakukan melalui Orientasi (Orientation), Eksplorasi (Eksploration), Pembentukan konsep (Concept Formation), Aplikasi (Application), Penutup (Closure) dengan tingkat keterlaksanaan pembelajaran rata-rata kegiatan guru pada siklus I sebesar 98,72% meningkat menjadi 100% pada siklus II dan rata-rata kegiatan siswa pada siklus I sebesar 88,46% meningkat menjadi 100% pada siklus II sedangkan rata-rata angket respon siswa siklus I sebesar 72,14% (kualifikasi cukup) meningkat pada siklus II sebesar 80,05% (kualifikasi tinggi) sehingga dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa dari prasiklus sebesar 49,81 (kriteria kurang), meningkat pada siklus I sebesar 60,74 (kriteria cukup) dan meningkat pada siklus II menjadi 91,56 (kriteria baik sekali).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Guided Inquiry, Pemahaman Konsep Matematika
Subjects: Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode belajar mengajar, Kegiatan belajar mengajar
Matematika
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Nurul Sinto Ambawani
Date Deposited: 19 Aug 2016 03:44
Last Modified: 19 Aug 2016 03:44
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/964

Actions (login required)

View Item View Item