NURJANAH, 12144100055 (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA PESERTA DIDIK (Penelitian Eksperimen terhadap Siswa Kelas 7 SMP N 1 Turi). Skripsi thesis, Universitas PGRI Yogyakarta.
|
Text
Dokumen BAB I (Halaman judul, abstrak, halaman persetujuan dosen pembimbing, halaman penguji, halaman keaslian, kata pengantar, & daftar isi).pdf Download (607kB) | Preview |
|
Text
Dokumen BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (437kB) |
||
Text
Dokumen BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (437kB) |
||
Text
Dokumen BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (547kB) |
||
|
Text
Dokumen BAB V , DAFTAR PUSTAKA & LAMPIRAN.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) apakah terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) terhadap pemahaman konsep matematika peserta didik kelas 7 di SMP N 1 Turi pada materi segitiga, (2) apakah terdapat pengaruh model pembelajaran langsung terhadap pemahaman konsep matematika peserta didik kelas 7 di SMP N 1 Turi pada materi segitiga, (3) bagaimanakah pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dan model pembelajaran langsung terhadap pemahaman konsep matematika peserta didik kelas 7 di SMP N 1 Turi pada materi segitiga. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan populasi seluruh peserta didik di SMP N 1 Turi. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Simple Random Sampling. Sampel dari penelitian ini adalah 2 kelas yang berjumlah 32 peserta didik setiap kelas. Kelas yang digunakan untuk sampel adalah kelas 7B dan 7D. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data adalah observasi, tes uraian, dan dokumentasi. Tes uraian yang digunakan sesuai dengan indikator pemahaman konsep matematika. Teknik analisis data menggunakan uji coba instrumen, uji prasyarat, dan uji hipotesis. Hasil penelitian diperoleh tiga kesimpulan yaitu (1) model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dapat terlaksana dengan baik, (2) model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) memberikan pengaruh terhadap pemahaman konsep matematika peserta didik di kelas eksperimen, dengan taraf signifikan 0,05 dan derajat kebebasan 57, diperoleh > ; (3) model pembelajaran langsung memberikan pengaruh terhadap pemahaman konsep matematika peserta didik di kelas kontrol, dengan taraf signifikan 0,05 dan derajat kebebasan 59, diperoleh > ; dan (4) model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) lebih berpengaruh terhadap pemahaman konsep matematika peserta didik daripada dengan menggunakan model pembelajaran langsung dengan taraf signifikan 0,05 dan derajat kebebasan 57, diperoleh > .
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran kooperatif, Think Pair Share, pemahaman konsep matematika |
Subjects: | Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode belajar mengajar, Kegiatan belajar mengajar Matematika |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Nurul Sinto Ambawani |
Date Deposited: | 18 Aug 2016 04:11 |
Last Modified: | 18 Aug 2016 04:11 |
URI: | http://repository.upy.ac.id/id/eprint/960 |
Actions (login required)
View Item |