WINJA NURYANTI, 12144200135 (2016) PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK TERHADAP SIKAP PERCAYA DIRI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 KASIHAN TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Skripsi thesis, Universitas PGRI Yogyakarta.
|
Text
Dokumen 1_ hlm. Sampul, Abstrak, Persetujuan...hingga Daftar.pdf Download (2MB) | Preview |
|
Text
Dokumen BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
Text
Dokumen BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
Text
Dokumen BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
|
Text
Dokumen BAB V dan Daftar Pustaka + Lampiran Penting.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh bimbingan kelompok terhadap sikap percaya diri siswa kelas VII SMP Negeri 3 Kasihan Tahun Pelajaran 2015/2016. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 3 Kasihan Tahun Pelajaran 2015/2016 sebesar 132 siswa. Sampel dalam penelitian ini seluruh sampel sebesar 53 siswa dengan menggunakan teknik quota random sampling. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket. Teknik analisis data dengan menggunakan analisis korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bimbingan kelompok berpengaruh terhadap sikap percaya diri pada siswa kelas VII SMP Negeri 3 Kasihan tahun pelajaran 2015/2016 dengan mengetahui harga rhitung sebesar 0,576 dengan p = 0,000 < 0,05 pada taraf signifikansi 5%. Dengan demikian semakin efektif pelaksanaan bimbingan kelompok terhadap siswa maka semakin baik pula sikap percaya diri siswa, sebaliknya semakin rendah pelaksanaan bimbingan kelompok terhadap siswa maka semakin rendah pula sikap percaya diri siswa. Implikasi dari penelitian ini adalah bahwa adanya pengaruh bimbingan kelompok terhadap peningkatan sikap percaya diri siswa memberikan perhatian, bimbingan, pengawasan dan peran dari berbagai pihak baik di sekolah maupun di rumah sangat diperlukan dalam meningkatkan pelaksanaan layanan bimbingan konseling khususnya bimbingan kelompok dalam upaya meningkatkan pemahaman siswa tentang kemampuan diri dan sikap siswa dalam bersosialisasi yang baik. Oleh karena itu guru dan perangkat sekolah hendaknya lebih aktif dalam memberikan dukungan dalam pelaksanaan bimbingan kelompok dan peningkatan sikap percaya diri siswa yang lebih baik sehingga mampu bergaul dengan baik di lingkungan sekitar.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | bimbingan kelompok, sikap percaya diri |
Subjects: | Psikologi > Psikologi diferensial dan perkembangan > Perkembangan Kepribadian dan karakter Pendidikan > Bimbingan dan Konseling di sekolah |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Nurul Sinto Ambawani |
Date Deposited: | 15 Aug 2016 07:50 |
Last Modified: | 15 Aug 2016 07:50 |
URI: | http://repository.upy.ac.id/id/eprint/957 |
Actions (login required)
View Item |