MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA SEDERHANA PADA SISWA KELAS IV SD SEMBUNGAN KASIHAN BANTUL TAHUN AJARAN 2015/2016

Warsiyanti, 12144600142 (2016) MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA SEDERHANA PADA SISWA KELAS IV SD SEMBUNGAN KASIHAN BANTUL TAHUN AJARAN 2015/2016. Skripsi thesis, Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Dokumen 1_ hlm. pengesahan dll.pdf

Download (849kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (328kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (419kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (523kB)
[img]
Preview
Text
BAB V+Daftar pustaka +lampiran.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa kelas IV SD Sembungan Kasihan Bantul terhadap konsep matematika menggunakan alat peraga sederhana. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas, dengan subjek penelitian siswa kelas IV SD Sembungan Kasihan Bantul dengan jumlah 32 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Data penelitian dan observasi dianalisis dengan teknik analisis kualitatif dan kuantitatif. Hal itu dibuktikan dengan meningkatnya persentase siswa yang telah mencapai Skor Kemampuan Pemahaman Konsep (SKPK) pada kategori minimal cukup (55 – 69) dari prasiklus, akhir siklus I dan akhir siklus II. Jumlah siswa yang mencapai skor pemahaman konsep pada prasiklus sebanyak 12 siswa (37,5%), pada hasil tes siklus I sebanyak 19 siswa (61,29%), dan pada hasil tes siklus II sebanyak 23 siswa (82,14%) mencapai SKPK pada kriteria minimal cukup. Presentasi rata-rata skor aktivitas siswa pada siklus I adalah 55% dan pada siklus II adalah 78%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Alat Peraga Sederhana, Pemahaman Konsep Matematika
Subjects: Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode belajar mengajar, Kegiatan belajar mengajar
Matematika
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Nurul Sinto Ambawani
Date Deposited: 15 Aug 2016 04:40
Last Modified: 15 Aug 2016 04:40
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/947

Actions (login required)

View Item View Item