EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN VISUAL BANGUN RUANG PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DITINJAU DARI PRESTASI BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR

Muhani Anggraini Susanti, 12144600120 (2016) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN VISUAL BANGUN RUANG PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DITINJAU DARI PRESTASI BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR. Skripsi thesis, Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Dokumen BAB I ; hlm sampul, abstrak, halaman persetujuan...hingga daftar isi dan BAB I.pdf

Download (652kB) | Preview
[img] Text
Dokumen BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (229kB)
[img] Text
Dokumen BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (178kB)
[img] Text
Dokumen BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (137kB)
[img]
Preview
Text
Dokumen BAB V dan Daftar Pustaka + Lampiran Penting.pdf

Download (18MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektifitas penggunaan media pembelajaran visual bangun ruang pada mata pelajaran Matematika ditinjau dari prestasi belajar siswa sekolah dasar. Penelitian ini adalah quasi eksperimen (eksperimen semu). Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Sampel penelitian adalah siswa kelas IV A dan IV B SD N Kasihan Bantul Yogyakarta yang berjumlah 49 siswa. Pemilihan satu kelas yaitu kelas IV A dijadikan sebagai kelas kontrol sedangkan kelas IV B dijadikan kelas eksperimen. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan uji-t menggunakan teknik Independent Sample T-Test dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan antara kelas kontrol dengan kelas eksperimen. Hal ini ditunjukkan dari uji-t prestasi belajar siswa pada nilai postest dengan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,031 atau sig < 0,05. Selanjutnya penggunaan media pembelajaran visual bangun ruang pada mata pelajaran Matematika efektif ditinjau dari prestasi belajar siswa. Hal ini ditunjukkan dengan nilai rata-rata postest kelas eksperimen yang lebih tinggi dari pada kelas kontrol. Kelas eksperimen memiliki rata-rata postest 80,00, sedangkan kelas kontrol memiliki rata-rata nilai postest 71,04.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Media pembelajaran visual, Bangun ruang, Prestasi Belajar
Subjects: Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode belajar mengajar, Kegiatan belajar mengajar
Matematika
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Nurul Sinto Ambawani
Date Deposited: 12 Aug 2016 06:43
Last Modified: 12 Aug 2016 06:43
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/936

Actions (login required)

View Item View Item