HUBUNGAN ANTARA LAYANAN BIMBINGAN PRIBADI-SOSIAL DAN KOMUNIKASI ANTAR SISWA DENGAN INTERPERSONAL SKILL SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 KASIHAN BANTUL YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2015/2016

EKA KURNIASIH, 12144200145 (2016) HUBUNGAN ANTARA LAYANAN BIMBINGAN PRIBADI-SOSIAL DAN KOMUNIKASI ANTAR SISWA DENGAN INTERPERSONAL SKILL SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 KASIHAN BANTUL YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2015/2016. Skripsi thesis, Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Dokumen 1_ hlm. Sampul, Abstrak, Persetujuan...hingga Daftar.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
Dokumen BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
Dokumen BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
Dokumen BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
Dokumen BAB V dan Daftar Pustaak + Lampiran Penting.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) hubungan antara layanan bimbingan pribadi-sosial dengan interpersonal skill siswa, (2) hubungan antara antara komunikasi antar siswa dengan interpersonal skill siswa, (3) hubungan antara antara layanan bimbingan pribadi-sosial dan komunikasi antar siswa dengan interpersonal skill siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Kasihan Bantul Yogyakarta tahun ajaran 2015/ 2016. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Kasihan Bantul Yogyakarta Tahun Ajaran 2015/2016 yang berjumlah 123 siswa. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini digunakan dokumentasi dan angket yang divalidasi dengan validitas konstruk. Teknik analisis data dengan menggunakan analisis regresi ganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Ada hubungan positif antara layanan bimbingan pribadi-sosial dengan interpersonal skill siswa, dengan mengetahui hasil perhitungan nilai rx1y = 0,541 dengan p = 0,000 < 0,05, yang berarti semakin efektif layanan bimbingan pribadi-sosial, maka interpersonal skill pada siswa akan semakin baik, (2) Ada hubungan positif antara komunikasi antar siswa dengan interpersonal skill siswa dengan mengetahui hasil perhitungan nilai rx2y = 0,659 dengan p = 0,000 < 0,05, yang berarti semakin baik komunikasi antar siswa maka semakin baik interpersonal skill pada siswa, (3) Ada hubungan positif antara layanan bimbingan pribadi-sosial dan komunikasi antar siswa dengan interpersonal skill siswa dengan mengetahui hasil perhitungan nilai Fhitung = 36,440 dengan (p) 0,000 < 0,05, yang artinya semakin efektif layanan bimbingan pribadi-sosial dan semakin baik komunikasi antar siswa maka semakin baik pula interpersonal skill siswa. Implikasi dalam penelitian ini, memberi petunjuk kepada pihak sekolah bahwa layanan bimbingan pribadi-sosial dan komunikasi antar siswa yang baik mempunyai peran penting bagi peningkatan interpersonal skill pada siswa. Sekolah memiliki peran penting melalui kegiatan yang mendukung terlaksananya layanan bimbingan pribadi-sosial yang efektif dan terciptanya komunikasi antar siswa yang baik sehingga terbentuk interpersonal skill yang baik pada siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: layanan bimbingan pribadi-sosial, komunikasi antar siswa, interpersonal skill
Subjects: Sosial > Interaksi Sosial, psikologi sosial, sosiometri
Pendidikan > Bimbingan dan Konseling di sekolah
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Nurul Sinto Ambawani
Date Deposited: 11 Aug 2016 04:06
Last Modified: 11 Aug 2016 04:06
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/925

Actions (login required)

View Item View Item