PENGEMBANGAN MEDIA KARTU BERGAMBAR KEBUDAYAAN (KAGAYA) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN BAGI SISWA KELAS IV SDN TAMANSARI 2 YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2015/ 2016

Dyah Dwi Febriantina, 12144600098 (2016) PENGEMBANGAN MEDIA KARTU BERGAMBAR KEBUDAYAAN (KAGAYA) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN BAGI SISWA KELAS IV SDN TAMANSARI 2 YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2015/ 2016. Skripsi thesis, Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Dokumen 1,hlm, Sampul, Abstrak, Persetujuan...hingga Daftar Isi dan BAB I,.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
Dokumen BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (285kB)
[img] Text
Dokumen BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (422kB)
[img] Text
Dokumen BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (310kB)
[img]
Preview
Text
Dokumen BAB V dan Daftar Pistaka-Lampiran Penting.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian pengembangan ini adalah menghasilkan produk media sederhana dan mudah dibuat dalam bentuk kartu yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran baik dalam kegiatan pembelajaran individu maupun kelompok untuk siswa kelas IV Sekolah Dasar, untuk mengetahui kelayakan media, respon siswa terhadap media dan peningkatan prestasi belajar siswa untuk mata pelajaran PKn khususnya pada materi Kebudayaan Indonesia bagi siswa kelas IV. Penelitian ini dilaksanakan di SD N Tamansari 2, Yogyakarta pada semester genap dengan menggunakan metode penelitian pengembangan yang dikemukakan oleh Sugiyono dengan langkah-langkah: menggali potensi dan masalah, mengumpulkan informasi, desain produk, validasi desain, perbaikan desain, ujicoba produk, revisi produk, ujicoba pemakaian, revisi produk dan pembuatan produk massal. Subjek penelitian siswa kelas IV SD N Tamansari 2 sebanyak 29 siswa. Teknik dan pengumpulan data menggunakan angket, observasi dan tes. Ujicoba kelompok terbatas dilaksanakan di kelas IV SD N Nogosaren, Gamping , Sleman pada 10 siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan menggunakan pedoman penilaian kelayakan produk, respon siswa dan ketuntasan belajar. Hasil pengembangan media ditinjau dari kelayakan produk dari ahli materi mendapatkan skor 78,75% masuk dalam kriteria layak. Sedangkan dari ahli media mendapatkan skor sebanyak 85,3% dan masuk dalam kriteria sangat layak. Sedangkan dilihat dari respon siswa yaitu menunjukkan skor sebesar 93% yang masuk dalam ketegori baik. Hasil nilai Pretest dan Postest siswa dalam Uji coba Lapangan Utama, pretest sebanyak 79,32% yang tidak tuntas dan sisanya sebanyak 20,68% yang tuntas. Peningkatan ditunjukkan dalam Postest yaitu dimana siswa mengalami peningkatan nilai sebanyak 13,12%. Pada Postest sebanyak 79,31% yang tuntas dan sebanyak 20,68% saja yang tidak tuntas. Dari ketuntasan dapat dilihat bahwa, peningkatan prestasi belajar siswa mmeningkat dilihat dari indikator keberhasilan yaitu sebanyak >70% siswa tuntas mencapai 79,31% siswa tuntas dalam Postest.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Media , Kartu Bergambar, Prestasi Belajar
Subjects: Politik > Kewarganegaraan; Pendidikan kewarganegaraan
Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode pembelajaran tertentu; diskusi, simulasi, permainan, dll.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Nurul Sinto Ambawani
Date Deposited: 11 Aug 2016 03:10
Last Modified: 11 Aug 2016 03:10
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/924

Actions (login required)

View Item View Item